Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Pembuatan Media Ajar Digital (PREZI Virtual Presentation Software) Bagi Guru-Guru SMPN 1 Cileungsi Bogor"

Komara, Cahya dan Supraptiningsih, Nurhandayani dan Setyaningsih, Tri (2021) Pengabdian Masyarakat "Pelatihan Pembuatan Media Ajar Digital (PREZI Virtual Presentation Software) Bagi Guru-Guru SMPN 1 Cileungsi Bogor". UHAMKA, FKIP UHAMKA.

[thumbnail of Laporan Pengmas Batch 2 2020-2021]
Preview
Other (Laporan Pengmas Batch 2 2020-2021)
Laporan 100% Pengmas Batch 2 2020-2021 (Cahya K, Nurhandayani, & Tri S).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://simakip.uhamka.ac.id/

Abstract

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi ICT guru-guru di SMPN 1 Cileungsi, Bogor dalam koridor pembuatan media ajar digital Prezi virtual presentation software bagi guru-guru disana. Seperti diketahui bersama, proses pengajaran dan pembelajaran saat ini dilakukan dengan sistem daring (online) jarak jauh dimana guru dituntut untuk mampu menyediakan bukan hanya konten materi ajar yang banyak namun juga mampu memanfaatkan media-media ajar digital yang kekinian atau mampu menciptakan media ajar digital yang menarik dan up to date bagi peserta didik atau murid dikelas. Prezi virtual presentation software ini adalah salah satu media atau software pengajaran yang unggul dalam banyak hal. Maka, pelatihan ini diadakan untuk sebagai bentuk pengabdian tim dosen FKIP UHAMKA bagi kemajuan SDM disana. Pelatihan ini berlangsung selama 2 kali pertemuan dengan durasi 2-3 jam melalui daring zoom. Total peserta kegiatan berjumlah 13 guru dari beberapa bidang studi seperti Bahasa Inggris, Matematika, Olahraga, Biologi, Seni, PKN, dan lain-lain. Pelatihan ini turut menyebar kuesioner awal dan akhir sebagai ukuran mengetahui dampak atau perubahan dari kegiatan yang akan dilakukan. Hasil pelatihan pembuatan media ajar digitial Prezi menunjukan bahwa secara keseluruhan guru merespon positif (setuju dan sangat setuju) bahwa Prezi unggul dalam tampilan, bentuk, desain, kemudahaan penggunaan, menarik, dll. Maka, dapat ditarik kesimpulan akhir, Pelatihan Pembuatan Media Ajar Digital (Prezi Virtual Presentation Software) Bagi Guru-Guru di SMPN 1 Cileungsi, Bogor ini sukses memberikan dampak dan perubahan positif bagi Mitra guru disana.

Item Type: Other
Subjects: L Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Cahya Komara
Date Deposited: 11 Jan 2022 15:48
Last Modified: 11 Jan 2022 15:48
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item View Item