Pengaruh Kewirausahaan dan Potensi Diri Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar

Ihsana El Khuluqo, Ihsana El Khuluqo (2015) Pengaruh Kewirausahaan dan Potensi Diri Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Utilitas, 1 (1). pp. 16-23. ISSN 2442 – 224x

[thumbnail of Pengaruh Kewirausahaan dan Potensi Diri Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar.pdf]
Preview
Text
Pengaruh Kewirausahaan dan Potensi Diri Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar.pdf

Download (389kB) | Preview
Official URL: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/utilitas/is...

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kewirausahaan Guru dan Potensi Diri terhadap Kepuasan Kerja
Guru pada Sekolah Dasar se gugus Di Kecamatan Cimanggis Depok Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode survei. Populasi targetnya adalah seluruh guru se gugus Di Kecamatan Cimanggis
Depok, mengingat jumlah populasinya sedikit, penelitian ini menggunakan sampel 40 guru. Untuk menguji hipotesis
tersebut menggunakan analisis jalur atau Path Analysis. Hasil penelitian menyimpulkan hal-hal sebagai berikut.
Pertama, terdapat pengaruh langsung Kewirausahaan Guru (X1) terhadap Kepuasan kerja guru (X3) dengan
persamaan regresi X
3
= 91,957+ 0,462X1 dan koefisien korelasi 0,575, yang signifikan pada taraf α = 0,05. Kedua,
terdapat pengaruh langsung Potensi Diri (X2) terhadap Kepuasan kerja guru (X3) dengan persamaan regresi X3
= 86,166 + 0,488X2 dan koefisien korelasi 0,643, yang signifikan pada taraf α = 0,05. Ketiga terdapat pengaruh
langsung Kewirausahaan Guru (X
) terhadap Potensi Diri (X2) dengan persamaan regresi X2 = 47,680 + 0.714X1
dan koefisien korelasi 0,674, yang signifikan pada taraf α = 0,05.
1
Kata kunci : Kewirausahaan , Kepuasan kerja, Potensi guru.

Item Type: Article
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Taufik SDM
Date Deposited: 05 Jan 2022 07:46
Last Modified: 05 Jan 2022 07:46
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12414

Actions (login required)

View Item View Item