Pembinaan Hard Skill untuk Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah 11, Jakarta Timur

KANIADEWI, NITA dan Komara, Cahya dan Tiarsiwi, Fidaniar (2021) Pembinaan Hard Skill untuk Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah 11, Jakarta Timur. In: Prosiding Seminar Nasional Abdimasmu, 21 Desember 2019, UHAMKA, Jakarta Indonesia.

[thumbnail of Article Proceeding Abdimasmu]
Preview
Text (Article Proceeding Abdimasmu)
6864-Article Text-18774-1-10-20210422.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB) | Preview
Official URL: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan hardskill (language skill dan teaching skill) guru mata pelajaran bahasa Inggris di SD Muhammadiyah 11. Pengabdian ini melibatkan dosen-dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA sebagai instruktur dan asisten instruktur. Pengabdian ini merupakan rangkaian yang terdiri dari 3 kegiatan, yaitu: (1) Pelatihan Guru; (2) Monitoring Kelas; dan (3) Kursus Bahasa Inggris untuk Guru. Pelatihan guru dilaksanakan selama satu hari; monitoring kelas dilaksanakan sebanyak 10x; dan kursus bahasa Inggris dilaksanakan sebanyak 9x. Untuk mengukur tingkat ketercapaian target, digunakan instrumen berikut ini: (1) pre-test, (2) post test, (3) rubrik monitoring kelas, dan (4) angket. Adapun hasil dari pembinaan ini adalah: (1) 100% peserta mengalami peningkatan pengetahuan tentang ungkapan-ungkapan classroom language; (2) nilai post-test peserta mengalami peningkatan sebesar 26.64% dari nilai pre-test; (3) seluruh peserta mengalami peningkatan pengalaman mengajar bahasa Inggris; (4) 66% peserta mengalami peningkatan kompetensi akademis dan pedagogis sebagai guru bahasa Inggris; (5) ditemukan bahwa kendala terbesar yang dialami oleh guru-guru (terutama guru senior) dalam berbahasa Inggris adalah pronunciation (pelafalan); (6) guru mata pelajaran bahasa Inggris cenderung memperlihatkan penurunan kualitas mengajar di kelas (berdasarkan grafik perkembangan monitoring kelas), namun secara keseluruhan nilai monitoring kelas guru naik sebesar 0.36%; (7) berdasarkan hasil angket, kegiatan pelatihan ini menambah pengetahuan dan pengalaman mengajar bahasa Inggris, meningkatkan kinerja, meningkatkan kompetensi akademis dan pedagogis, serta menjawab permasalahan sehari-hari yang dihadapi peserta di kelas. Untuk itulah seluruh peserta sepakat bahwa kegiatan pelatihan seperti ini perlu terus diadakan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Cahya Komara
Date Deposited: 21 Dec 2021 03:38
Last Modified: 21 Dec 2021 03:38
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12228

Actions (login required)

View Item View Item