PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN SMASH BOLA VOLI

Bayu, Thomi Rizal PENGARUH GAYA MENGAJAR DAN KOORDINASI MATA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN SMASH BOLA VOLI. UHAMKA. (Unpublished)

[thumbnail of Thesis Bayu.pdf]
Preview
Text
Thesis Bayu.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari gaya mengajar
resiprokal, latihan, dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilan smash bola
voli. Studi eksperimen pada mahasiswa pendidikan olahraga Universitas Jambi
angkatan 2016, penelitian ini menggunakan treatment by level 2x2. Berdasarkan
pengamatan peneliti terlihat mahasiswa yang mengikuti perkuliahan bola voli dalam
melakukan teknik dasar bola voli sering kali tidak tepat sasaran, selain itu gaya
mengajar yang diberikan dosen kurang tepat dan individual.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas ilmu
keolahragaan UNJA, sedangkan populasi terjangkaunya ditetapkan pada
mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan semester 2 (angkatan 2016) yang
berjumlah 152 orang, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan cara
total sampling yaitu seluruh populasi terjangkau di jadikan sampel sebanyak 152
orang. Kemudian sampel di rangking dari tertinggi sampai terendah menggunakan
teori Verducci (27%x152=40 tinggi), dan (27%x152=40 rendah) menggunakan tes
koordinasi mata tangan, kemudian dibagi menjadi 4 kelompok perlakuan. Instrument
yang digunakan adalah Tes Keterampilan Smash (test smash ke area sasaran).
Data yang diperoleh dianalisis dengan anava dua jalur dan dilanjutkan dengan uji
Tuckey pada tingkat signifikansi α = 0.05.
Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1)Secara keseluruhan keterampilan
smash bola voli kelompok mahasiswa yang mengikuti pembelajaran resiprokal lebih
baik dibandingkan mahasiswa yang mengikuti pembelajaran latihan, (2) Terdapat
interaksi antara gaya mengajar dan koordinasi mata tangan terhadap keterampilan
smash bola voli, (3) Pada koordinasi mata tangan tinggi, hasil keterampilan smash
bola voli kelompok gaya mengajar resiprokal lebih baik dari pada kelompok gaya
mengajar latihan, (4) Pada koordinasi mata tangan rendah, hasil keterampilan
smash bola voli kelompok gaya megajar resiprokal lebih rendah dari pada kelompok
gaya mengajar latihan.

Item Type: Other
Subjects: A General Works
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bayu Thomi Rizal
Date Deposited: 10 Dec 2021 12:36
Last Modified: 10 Dec 2021 12:36
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item View Item