Hardianto, Bramantyo Dwi dan Basuki, Maryono dan Wahdiyati, Dini (2021) Pengaruh Endorser Maudy Ayunda dalam Iklan Teh Javana di Televisi terhadap Brand Image Teh Javana di Kalangan Siswa SMA Muhammadiyah 3 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Text
FISIP_ILKOM_1206015021_BRAMANTYO DWI HARDIANTO.pdf Download (3MB) |
Abstract
Teh Javana merupakan produk teh baru yang beriklan di TV. Perusahaan produsen
Teh Javana memilih Maudy Ayunda sebagai Celebrity Endorser. Alasannya, Maudy
memiliki beberapa prestasi baik sebagai penyanyi, aktris, dan penulis lagu sehingga
memiliki image yang baik. Dalam beberapa bulan pasca launching, Teh Javana mendapat
respon positif dari pasar. Penelitian ini bermaksud melihat apakah brand image Teh
Javana merupakan pengaruh dari kualitas endorser Maudy Ayunda.
Penelitian ini menggunakan paradigma positivis dan teori behaviorism, teori SOR,
teori social learning,serta modelling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
eksplanatifdengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan
survei eksplanatif asosiatif yang bertujuan menjelaskan hubungan (korelasi) antar
variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 3, Jakarta kelas 10
dan 11. Penelitian ini menggunakan proportionate cluster random sampling. Peneliti
membagi populasi ke dalam dua kategori, yaitu mereka yang pernah menonton iklan Teh
Javana di televisi dan yang tidak pernah menonton. Sampel penelitian sebanyak 69.
Penyebaran kuesioner dilakukan pada Mei 2016.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas endorser Maudy Ayunda berada
pada kategori tinggi dengan total skor 4.425 (pada variabel X) dan Brand Image yang
juga berada pada kategori tinggi dengan total skor 3.769 (pada variabel Y). Hasil uji
korelasi parametric menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) senilai 0,538 berada pada
kategori sedang. Berdasarkan Tabel Guilford, tingkat keeratan korelasi termasuk sedang,
nilai signifikan pada 0,01, lebih kecil dari 0,05. signifikan. Artinya, kualitas endorser
Maudy Ayunda berpengaruh terhadap Brand Image Teh Javana di kalangan responden.
Signifikansi akademis penelitian ini diharapkan memperkuat teori SOR, terutama
ketika diterapkan untuk meneliti pengaruh endorser terhadap brand image. Signifikansi
metodologis penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan pada
metode kuantitatif, terutama metode survei eksplanatif. Signifikansi praktis penelitian ini
diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi WingsFood dan agensiyang membuat
iklan Teh Javana agar memperhatikan efektivitas penggunaan endorser mereka.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Perpustakaan Uhamka |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 13:27 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 07:57 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11667 |
Actions (login required)
View Item |