Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi

Sukmana, Indradi Kartika dan Amalia, Nur (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar dan Kerja Sama Siswa dan Orang Tua di Era Pandemi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (5). pp. 3163-3172. ISSN 2656-8071

[thumbnail of 1068-4651-1-PB.pdf] Text
1068-4651-1-PB.pdf

Download (577kB)
Official URL: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1068

Abstract

Model Project Based Learning adalah salah satu model yang banyak dipakai oleh para pendidik pada kegiatan Belajar
Dari Rumah seperti sekarang. Kegiatan Belajar Dari Rumah dengan menggunakan model Project Based Learning
dianggap mampu menjadi pengaruh dalam peningkatan motivasi belajar peserta didik sekaligus kerja sama antara peserta didik dan orang tua. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh dari model Project Based Learning yang diterapkan selama kegiatan belajar dari rumah di kelas 4 SDN Grogol Utara 16 Jakarta Selatan terhadap peningkatan motivasi belajar dan kerja sama peserta didik dengan orang tuanya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rancangan penjelasan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian melalui lembar pengisian kuesioner dalam google form yang disebarkan melalui grup whatsapp kelas. Hasil yang diperoleh berdasarkan data yang dianalisis kemudian ditarik kesimpulannya adalah bahwa model Project Based Learning memiliki pengaruh terhadap meningkatnya
motivasi belajar peserta didik sekaligus kerja sama antara peserta didik dengan orang tuanya. Hal tersebut dibuktikan oleh beberapa jawaban dari kuesioner yang diisi oleh orang tua dan peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Amalia
Date Deposited: 22 Sep 2021 12:39
Last Modified: 22 Sep 2021 12:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/11517

Actions (login required)

View Item View Item