Bambang, Dwi Hartono dan Nendi, Juhandi dan Wiwit, Aditya Nugroho PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENUMPANG MASKAPAI LION AIR (STUDI KASUS CALON PENUMPANG DOMESTIK DI LION TOWER, HARMONI, JAKARTA PUSAT). Prodi S2 MM UHAMKA.
Preview |
Text
2. PKDM Wiwit 2016 Pengaruh Harga (1) revisi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan pengaruh (1) harga
terhadap keputusan pembelian penumpang (2) kualitas pelayanan terhadap keputusan
pembelian penumpang (3) harga terhadap kualitas pelayanan maskapai Lion Air
Metode yang digunakan adalah metode survey yaitu dengan mendapatkan data secara
ilmiah. Hipopenelitian yang diuji adalah (1) Terdapat pengaruh positif signifikan Harga
terhadap keputusan pembelian penumpang maskapai Lion Air. (2) Terdapat pengaruh
positif signifikan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian penumpang
maskapai Lion Air. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan Harga terhadap Kualitas
Pelayanan maskapai Lion Air.
Populasi dalam penelitian ini adalah calon penumpang yang membeli tiket di Kantor
Lion Air, daerah Harmoni, Jakarta Pusat +750 orang/perhari. Jumlah sampel diambil
sebanyak 200 orang, terdiri dari: sampel untuk penelitian berjumlah 170 orang dan
sampel untuk uji coba 30 orang. sampel tersebut menggunakan Sampling insidental.
Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel keputusan pembelian
penumpang, harga dan kualitas pelayanan menggunakan angket penyebaran kuesioner
model Skala Likert. Uji validitas dihitung dengan rumus Product Moment dan Reliabilitas
dihitung dengan Alpha Cronbach. Hasil ujicoba untuk variabel keputusan pembelian
sebesar 0.788, harga sebesar 0.877, kualitas pelayanan sebesar 0.891.
Data dianalisis dengan statistik deskripsi dan inferensial, untuk pengujian
hipopenelitian digunakan uji korelasi, regresi, dan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, terdapat pengaruh langsung positif
signifikan harga terhadap keputusan pembelian sebesar 0,4. Kedua, terdapat pengaruh
langsung positif tidak signifikan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian
dengan nilai 0,02. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif tidak signifikan harga
terhadap kualitas pelayanan tetapi tidak signifikan sebesar 0,12.
Kata Kunci : Pengaruh Harga, Keputusan Pembelian, Pelayanan, Maskapai, Lion Air.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | ST Bahar Sobari |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 04:42 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 04:42 |
URI: | http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1093 |
Actions (login required)
View Item |