ANALISIS MOTIVASI BISNIS DAN IMPLEMEN STRATEGI PEMASARAN KALANGAN ANAK MUDA: STUDI KASUS DI KOMUNITAS TANGAN DI ATAS

Bambang, Dwi Hartono dan Budi Permana Yusuf, Budi dan Khairunnas, Khairunnas ANALISIS MOTIVASI BISNIS DAN IMPLEMEN STRATEGI PEMASARAN KALANGAN ANAK MUDA: STUDI KASUS DI KOMUNITAS TANGAN DI ATAS. Prodi S2 MM UHAMKA.

[thumbnail of 1. PKDM Khairunnas 2016 Analisis Motivasi.pdf]
Preview
Text
1. PKDM Khairunnas 2016 Analisis Motivasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan motivasi yang mendorong anak
muda terjun ke dunia bisnis dan bergabung dengan komunitas Tangan Di Atas
(TDA), serta strategi pemasaran seperti apa yang berkembang di kalangan
komunitas TDA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang
bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Penelitian ini
menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data, yaitu dengan mengkaji
peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kondisi dan situasi sosial di lingkungan
komunitas TDA. Penelitian dilakukan ketika berinteraksi langsung dengan
komunitas TDA. Wawancara dilakukan dengan pengurus inti TDA dan para
pendiri yang tergabung dalam Wali Amanat.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa TDA adalah sebuah
komunitas bisnis yang bervisi menjadi Tangan Di Atas atau menjadi pengusaha
kaya yang gemar memberi kepada sesamanya. Penggunaan nama TDA
merupakan perwujudan dari keyakinan pendirinya bahwa menjadi Tangan Di Atas
itu lebih mulia dari pada Tangan Di Bawah (TDB).
Dalam rangka mewujudkan cita-cita mulia itu, TDA
mengejawantahkannya dengan semangat saling berbagi, saling mendukung dan
bekerja sama dalam komunitas TDA. Semua itu telah diwujudkan dalam beberapa
kegiatan di komunitas TDA.
Dalam upaya membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang
memiliki kontribusi positif bagi peradaban, TDA melakukan berbagai langkah
yang dituangkan dalam misi komunitas ini, yaitu: (1) Menumbuhkembangkan
semangat kewirausahaan; (2) Membentuk 10.000 pengusaha miliader yang
tangguh dan sukses sampai tahun 2018; (3) Menciptakan sinergi diantara sesama
anggota dan antara anggota dengan pihak lain, berlandaskan prinsip high trust
community; (4) Menumbuhkan jiwa sosial dan berbagi di antara anggota; (5)
Menciptakan pusat sumber daya bisnis berbasis teknologi.
TDA memiliki lima nilai yang senantiasa diinternalisasikan kepada para
anggotanya, yaitu: (1) Silaturahim (saling mendukung, sinergi, komunikasi, kerja
sama, berbaik sangka, teamwork, sukses bersama); (2) Integritas (kejujuran,
transparansi, amanah, win-win, komitmen, tanggungjawab, adil); (3) Berpikiran
terbuka (continuous learning, continuous improvement, kreatif, inovatif); (4)
Berorientasi tindakan (semangat solutif, konsisten, persisten, berpikir dan
bertindak positif, give and take, mindset keberlimpahan); (5) Fun (menjaga
keseimbangan dalam hidup).
Strategi pemasaran yang berkembang di komunitas TDA sangat diwarnai
oleh lima visi dan nilai TDA, khususnya semangat silaturahim dan pengembangan
bisnis berbasis teknologi. Saat ini hampir seluruh anggota komunitas TDA
berbisnis secara online. Pemasaran online menjadi pilihan yang banyak diambil
oleh komunitas TDA untuk menjual produknya.
Kehadiran komunitas TDA sudah seyogyanya didukung oleh pemerintah
untuk mendorong anak-anak muda terjun ke dunia bisnis. Kehadiran pelaku usaha
mikro, kecil, dan menengah (UMKM) seperti TDA menjadi solusi untuk
mengatasi tingginya angka pengangguran di Indonesia.
Kata Kunci: Motivasi, Pemasaran, Komunitas, Bisnis.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: ST Bahar Sobari
Date Deposited: 13 Jul 2020 07:01
Last Modified: 13 Jul 2020 07:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/1092

Actions (login required)

View Item View Item