PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA melalui pendekatan CONTEXTUAL teaching AND learning (CTL) pada murid kelas V SDN GUNUNG SARI II RAPPOCINI MAKASSAR

Ernawati, Ernawati PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA melalui pendekatan CONTEXTUAL teaching AND learning (CTL) pada murid kelas V SDN GUNUNG SARI II RAPPOCINI MAKASSAR. Jurnal Tematik, 1 (1). pp. 1-14. ISSN p-ISSN:1979-6633 e-ISSN:2460-7738

[thumbnail of CTL.pdf]
Preview
Text
CTL.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/...

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action researsh) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA murid kelas V SDN Gunung Sari II Rappocini Makassar. Tindakan yang diterapkan adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk materi pembelajaran Sistem Pencernaan Makanan Pada Manusia.

Subjek penelitian adalah murid kelas V SDN Gunung Sari II Rappocini Makassar yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan, mulai bulan Agustus 2010 sampai bulan Oktober 2010.

Proses pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan "tes hasil belajar. Observasi dilakukan untuk mengamati proses penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran IPA di kelas, sedangkan tes hasil belajar digunakan untuk mengukur hasil belajar murid setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: ST Bahar Sobari
Date Deposited: 02 Jul 2018 05:29
Last Modified: 02 Jul 2018 05:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item