Hubungan antara Konsepsi Penilaian dan Kecemasan Siswa Sekolah Dasar di Kelas Matematika

Suci, Veny Wulan and Purnomo, Yoppy Wahyu (2016) Hubungan antara Konsepsi Penilaian dan Kecemasan Siswa Sekolah Dasar di Kelas Matematika. βeta, 9 (1). pp. 48-60.

[img]
Preview
Text
Hubungan antara Konsepsi dan kecemasan.pdf

Download (825kB) | Preview
Official URL: http://ejurnal.iainmataram.ac.id/index.php/beta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsepsi siswa tentang penilaian dan kecemasan mereka terhadap matematika. Subjek penelitian adalah 40 siswa di salah satu sekolah dasar negeri di Bekasi. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan desain cross-sectional. Adapun instrumen penelitian yaitu angket konsepsi tentang penilaian dan angket kecemasan matematika. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji korelasi Spearman's rho. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa siswa yang cenderung memiliki konsepsi penilaian sebagai cara-cara yang dilakukan guru untuk memberikannya informasi terkait apa, bagaimana, mengapa tentang belajarnya berkorelasi secara signifikan terhadap penurunan kecemasan mereka terhadap matematika. Sebaliknya, siswa yang memiliki konsepsi bahwa penilaian yang dilakukan guru sebagai sebuah cara untuk membandingkan performanya dengan kriteria-kriteria eksternal, maka secara signifikan berkorelasi terhadap peningkatan kecemasan matematika. Temuan ini juga mengindikasikan perlunya mengubah paradigma teaching to the test ke arah assessment as learning untuk membentuk sebuah konsepsi yang utuh terhadap penilaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika,Konsepsi Penilaian,Pembelajaran Matematika,Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Dr. Yoppy Wahyu Purnomo
Date Deposited: 19 May 2017 23:54
Last Modified: 19 May 2017 23:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item View Item