Analisis Faktor Minat Beli Samyang Melalui Sikap Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Feb Uhamka

Rahmah, Yasinta Rahmah dan Zulpahmi, Zulpahmi dan Sumardi, Sumardi (2021) Analisis Faktor Minat Beli Samyang Melalui Sikap Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Feb Uhamka. Other thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. UHAMKA.

[thumbnail of FEB_EKIS_1602055011_YASINTA RAHMAH.pdf] Text
FEB_EKIS_1602055011_YASINTA RAHMAH.pdf

Download (526kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor minat beli samyang melalui sikap sebagai intervening.
Variabel independen pada penelitian ini yaitu pengetahuan produk (X1),
sertifikasi halal (X2), halal awareness (X3), dan harga (X4) sedangkan variabel
dependen adalah minat beli (Y) dan variabel intervening yaitu sikap (Z).
Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner yang dibagikan
kepada responden. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa aktif semester genap yang terdaftar di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (UHAMKA).
Dengan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang
merupakan salah satu teknik pengumpulan data dari non probability sampling.
Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 96 sampel. Data yang diperoleh
kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 24. Analisis
ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji
menggunakan path analysis.
Berdasarkan hasil uji t pertama menunjukan hasil bahwa variabel
pengetahuan produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap.
Sedangkan sertifikasi halal dan halal awareness tidak berpengaruh dan signifikan
terhadap sikap. Hasil uji t kedua menunjukan pengetahuan produk dan sikap
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Dan hasil uji t ketiga
menunjukan harga berpengaruh terhadap minat beli. Sedangkan sertifikasi halal
dan halal awareness tidak berpengaruh terhadap minat beli. Variabel sikap dapat
memediasi pengetahuan produk dan harga terhadap minat beli samyang. Selain
itu, hasil hipotesis dengan menggunakan uji statistik F menunjukan bahwa
variabel pengetahuan produk, sertifikasi halal, halal awareness, harga, dan sikap
secara simultan (bersama-sama) berpengaruh positif terhadap minat beli dengan
nilai Fhitung > Ftabel (28.272 > 3,09) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
Peneliti berharap sebagai umat muslim untuk meningkatkan rasa kesadaran
dalam mengkonsumsi produk halal. Selain itu pada peneltian selanjutnya
diharapkan memperbanyak jumlah responden dengan cakupan wilayah yang lebih
luas guna mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: Ekonomi Islam
Date Deposited: 21 Aug 2021 03:00
Last Modified: 21 Aug 2021 03:00
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/9066

Actions (login required)

View Item View Item