Paoran Pengmas "Workshop Belajar dari Rumah (BDR) bagi Pendidik PAUD di Depok, Jawa Barat"

Mil, Silvie Paoran Pengmas "Workshop Belajar dari Rumah (BDR) bagi Pendidik PAUD di Depok, Jawa Barat". Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Pengabdian BDR.pdf]
Preview
Text
Laporan Pengabdian BDR.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dampak dari adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan kegiatan pembelajaran yang
semula dilakukan secara tatap muka menjadi belajar dari rumah (BDR) yaitu kegiatan
pembelajaran yang diselenggarakan dengan menggunakan berbagai media komunikasi yang
pelaksanaannya dilaksanakan di rumah masing-masing peserta didik Berbagai permasalahan
timbul dari pemberlakuan kebijakan BDR salah satunya pada kesiapan pendidik dan peserta
didik, serta wali murid. Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan yang
menggunkan pendekatan belajar sembari bermain, konten pembelajarannya disetting pada
kegiatan main yang bernilai edukatif. Pemberlakuan BDR pada PAUD menuai berbagai
permasalahan karena anak usia dini belum mampu untuk belajar secara mandiri. Pendidik
dituntut untuk melakukan desain BDR sesuai dengan kemampuan peserta didik dengan
mengutamakan pemberian life skills sehingga mampu menstimulasi aspek perkembangan anak.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan identifikasi permasalahan yang
ada dilapangan mengenai pelaksanaan BDR Hasil kegiatan ini diharapkan mampu menjadi
sarana pendidik PAUD dalam megembangkan keterampilan mengelola BDR di masing-masing
lembaga. Luaran dari kegiatan ini akan dipublikasikan media massa dan video kegiatan pada akun
youtube.
Kata Kunci: Pendidikan Anak Usia Dini, Belajar dari Rumah

Item Type: Other
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > DB Austria
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Depositing User: Silvie Mil
Date Deposited: 06 Mar 2021 01:49
Last Modified: 06 Mar 2021 01:49
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/7172

Actions (login required)

View Item View Item