Artikel PkM 3_ 2019 Isti Pelatihan Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) bagi Guru-Guru Fisika di SMA Di Kota Depok

Tri Isti Hartini, TIH Artikel PkM 3_ 2019 Isti Pelatihan Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) bagi Guru-Guru Fisika di SMA Di Kota Depok. Uhamka. (Unpublished)

[thumbnail of Artikel PkM 3_ 2019 Isti] Text (Artikel PkM 3_ 2019 Isti)
#PM3_1571.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilatar belakangi oleh semakin berkembangnya system penilaian pembelajaran di lembaga pendidikan. Kenyataan di lapangan, soal-soal cenderung lebih banyak menguji aspek ingatan. Oleh karena itu, dirasanya guru-guru, terutama guru fisika perlu dilakukan pelatihan mengenai pembuatan soal HOTS. Dalam kegiatan pengabdian ini, sesi pertama membahas tentang soal HOTS dalam tataran teoritis yang meliputi pengertian, langkah-langkah pelaksanaan, serta kelebihannya. Sesi kedua merupakan pendalaman terhadap materi yang diikuti dengan latihan tentang bagaimana menerapkan soal-soal HOTS tersebut dalam kegiatan belajar mengajar. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek langsung. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung, diperoleh beberapa hasil yang positif, diantaranya adalah: 1). Para peserta menunjukkan perhatian yang sangat tinggi terhadap materi pengabdian yang disampaikan oleh tim pengabdian. 2). Para peserta menunjukkan reaksi yang positif terhadap cara mengembangkan soal HOTS. 3). Para peserta aktif bertanya dan mengungkapkan masalah-masalah yang dialaminya selama ini dan mereka bersemangat untuk dapat membuat soal HOTS dalam penilaian. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah bertambahnya wawasan para guru fisika yang tergabung dalam MGMP Fisika Kota Depok mengenai pembuatan soal HOTS.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Tri Isti Hartini
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:37
Last Modified: 24 Apr 2024 03:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34110

Actions (login required)

View Item View Item