Artikel 28_2024 Isti Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Kreativitas Peserta Didik Kelas IV pada Pembelajaran IPA

Tri Isti Hartini, TIH Artikel 28_2024 Isti Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Kemampuan Literasi Sains dan Kreativitas Peserta Didik Kelas IV pada Pembelajaran IPA. Uhamka. (Unpublished)

[thumbnail of Artikel 28_2024 Isti] Text (Artikel 28_2024 Isti)
#P28_1571.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan secara umum yang muncul di Indonesia terkait peran guru yaitu profesionalisme guru dipandang masih rendah, salah satu faktornya adalah kurangnya motivasi guru dalam mengembangkan kualitas dirinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan literasi sains dan kreativitas peserta didik kelas IV SDN Ciracas 07 Pagi yang mengikuti proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan proses pembelajaran IPA tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi Tumbuhan, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berbentuk eksperimen. teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi teknik analisis data yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, uji hipotesis dan hipotesis statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan kreativitas peserta didik kelas IV SDN Ciracas 07 Pagi pada pembelajaran IPA. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis, terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan literasi sains antara kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Project Based Learning dengan kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran langsung.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Tri Isti Hartini
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:37
Last Modified: 24 Apr 2024 03:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34104

Actions (login required)

View Item View Item