Artikel 19_2020 Isti Penelitian Awal Pengaruh Model dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika

Tri Isti Hartini, TIH Artikel 19_2020 Isti Penelitian Awal Pengaruh Model dan Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Fisika. Uhamka. (Unpublished)

[thumbnail of Artikel 19_2020 Isti] Text (Artikel 19_2020 Isti)
#P19_1571.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model dan pendekatan pembelajaran yang
dipilih oleh pendidik terhadap hasil belajar fisika peserta didik sebagai penelitian awal untuk mencari model
dan pendekatan yang tepat dan dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Penelitian ini adalah
tahapan awal dari rangkaian panjang tahapan penelitian inti yakni pengaruh model Collaborative Teamwork
Learning pada materi Usaha dan Energi berbasis Multi Representasi terhadap hasil belajar fisika. Metode
penelitian ini adalah observasi. Hasil penelitian awal nenunjukkan rata-rata skor hasil belajar fisika peserta
didik sebesar 60,5 dengan rata-rata skor tiap butir soal tertinggi pada soal dengan bentuk matematis yaitu 16,1
dan terendah soal dengan bentuk grafik yaitu 7,5 dengan persentase 61% peserta didik yang memiliki hasil
belajar di bawah kriteria ketuntasan minimum dan 39% peserta didik memiliki hasil belajar di atas ketuntasan
minimum. Sehingga dapat dikatakan sebagian besar peserta didik belum mencapai indikator keberhasilan ratarata
sebesar 75% yang berarti perlu dilakukan penelitian lanjutan.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Tri Isti Hartini
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:37
Last Modified: 24 Apr 2024 03:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34095

Actions (login required)

View Item View Item