Artikel 16_2022 Isti Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar

Tri Isti Hartini, TIH Artikel 16_2022 Isti Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam Penguasaan Konsep IPA pada Siswa Sekolah Dasar. Uhamka. (Unpublished)

[thumbnail of Artikel 16_2022 Isti] Text (Artikel 16_2022 Isti)
#P16_1571.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ilmu Pengetahuan Alam IPA yang didalamnya ada beberapa konsep skema konseptual yang saling terkait,
tumbuh sebagai hasil percobaan dan pengamatan juga berguna untuk dipelajari lebih dalam. Tujuan dari studi
ini adalah untuk menjabarkan model pembelajaran SFE serta faktor yang dapat mendukung penerapan model
SFE terhadap siswa kelas IV di SDN Slipi 11 Pagi. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif yang
serupa dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dibuat dalam 2 kali pertemuan dengan melibatkan
25 siswa kelas IV. Data diperoleh serupa dengan teknik traingualasi yaitu: observasi, wawancara serta
dokumentasi. Bersumber pada hasil penelitian yakni penerapan model SFE diantaranya: guru mengutarakan
kompetensi yang perlu dicapai, guru menjelaskan poin – poin penting dan mendemonstrasikan bahan ajar, guru
memberikan peluang kepada siswa untuk menyampaikan atau mempresentasikan materi, guru merumuskan
hasil ide dan pandangan siswa. Selanjutnya, guru mengulas kembali pembelajaran tersebut. Kemudian, faktor
yang mendukung penarapan model SFE dalam meningkatkan penguasaan konsep materi IPA Perubahan Wujud
Benda tersebut dengan membuat peta konsep.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Tri Isti Hartini
Date Deposited: 24 Apr 2024 03:37
Last Modified: 24 Apr 2024 03:37
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/34084

Actions (login required)

View Item View Item