PERAN PENGALAMAN BELAJAR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER TERHADAP ADAPTABILITAS KARIR SISWA SMK JABODETABEK

TRESNAWATY, YULISTIN PERAN PENGALAMAN BELAJAR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER TERHADAP ADAPTABILITAS KARIR SISWA SMK JABODETABEK. KONSORSIUM PSIKOLOGI NASIONAL.

[thumbnail of ARTIKEL KONSORSIUM PSIKOLOGI PROSIDING-ISBN-YULISTIN TRESNAWATY.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL KONSORSIUM PSIKOLOGI PROSIDING-ISBN-YULISTIN TRESNAWATY.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Career Decision Learning Experiences merupakan suatu pemahaman tentang memahami
potensi pengalaman belajar individu yang berbeda mengenai keputusan karier di masa depan
dan untuk mengurangi kesulitan pada dewasa muda dalam menghadapi keputusan karier
mereka untuk pertama kalinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pengalaman belajar dalam pengambilan keputusan karier terhadap adaptabilitas karier.
Responden dalam penelitian ini adalah 141 responden dengan jumlah subjek 41 orang lakilaki
dan 100 orang perempuan yang merupakan siswa/i kelas 3 SMK maupun lulusan dari SMK
maksimal yang berada pada wilayah JABODETABEK. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Career Adaptability Scale (CAAS;
2012) dan Career Decision Learning Experience Scale (CDLE; Bike, 2013). Teknik analisis
statistik yang digunakan adalah analisis regresi. Hasil dari penelitian yang diperoleh dengan
nilai korelasi (R) yaitu sebesar 0,636 dan nilai kontribusi R Square sebesar 0,405. Hal ini
menunjukan pengaruh variabel pengalaman belajar dalam pengambilan keputusan terhadap
adaptabilitas karier sebesar 40,5% dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 (P<0,05) yang
berarti signifikan. Artinya variabel pengalaman belajar dalam pengambilan keputusan karier
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel adaptabilitas karier, sehingga dapat
disimpulkan semakin tinggi pengalaman belajar dalam pengambilan keputusan karier maka
semakin tinggi tingkat kemampuan adaptabilitas karier pada lulusan pendidikan vokasi.
Penelitian selanjutnya hendaknya memperhatikan variabel lain seperti usia, gender, asal
sekolah, dukungan keluarga dan status sosial ekonomi keluarga.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Psikologi
Depositing User: Yulistin Tresnawaty
Date Deposited: 14 Feb 2024 02:39
Last Modified: 14 Feb 2024 02:39
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/33250

Actions (login required)

View Item View Item