Penguji 1_Basuki Rachmat_1906015042_SK + Cover + Abstrak + Lembar Pengesahan

Novi Andayani Praptiningsih, NAP Penguji 1_Basuki Rachmat_1906015042_SK + Cover + Abstrak + Lembar Pengesahan. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA). (Unpublished)

[thumbnail of Basuki Rachmat_1906015042_SK + Cover + Abstrak + Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Basuki Rachmat_1906015042_SK + Cover + Abstrak + Lembar Pengesahan.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Awal 2023 media massa, termasuk media daring ramai memberitakan kasus pamer harta oleh pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN). Awalnya adalah kasus Rafael Alun Trisambodo, pejabat Direktorat Jendral Pajak. Kemudian kasus Eko Darmanto, Kepala Dinas Bea dan Cukai DI Yogyakarta yang diunggah di akun Twitter @logikapolitikid. Darmanto ternyata memiliki koleksi mobil mewah dan motor Harley Davidson serta pesawat jenis Cessna. Pesawat ini sering dipamerkan melalui IG @eko_darmanto_bc. Belakangan akun ini dihapus setelah kasus Rafael menjadi sorotan publik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konstruksi pemberitaan tentang kasus pamer harta (flexing) oleh Kepala Bea Cukai Yogyakarta di Tempo.co.
Peneliti menggunakan paradigma konstruktivis dan teori konstruksi realitas media. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan metode analisis isi kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan dilakukan dengan observasi, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Tempo.co mengkonstruksikan pemberitaan dengan (bagaimana caranya mengkonstruksikan beritanya?)
Selain itu, pemberitaan Tempo.co jika dilihat dari sembilan elemen jurnalisme Bill Kovach dan Tom Rosenstiel hanya memenuhi delapan elemen. Kedelapan elemen tersebut (1) Menyampaikan kebenaran, (2) Loyalitas pertama jurnalisme adalah pada masyarakat, (3) Intisari jurnalisme adalah disiplin verifikasi, (4) Dapat dipertanggungjawabkan, (5) Jurnalisme harus menjadi pemantau kekusaan, (7) Jurnalisme harus berupaya membuat hal penting menjadi menarik dan relevan, (8) Berita harus menyiarkan berita komprehensif dan proporsional, (9) Jurnalis diperbolehkan mengikuti nurani mereka. Satu elemen jurnalisme yang tidak terpenuhi adalah poin ke (6) Jurnalisme sebagai forum publik. Tempo.co tidak menyediakan fitur komentar pengaksesnya.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Novi Andayani Praptiningsih
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:12
Last Modified: 05 Feb 2024 03:12
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/32387

Actions (login required)

View Item View Item