Pembimbing 1_Chintya Aidelia Rahma Setia_2006015195_SK + Cover + Abstrak + Lembar Pengesahan

Novi Andayani Praptiningsih, NAP Pembimbing 1_Chintya Aidelia Rahma Setia_2006015195_SK + Cover + Abstrak + Lembar Pengesahan. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA). (Unpublished)

[thumbnail of Chintya Aidelia Rahma Setia_2006015195_SK + Cover + Abstrak + Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Chintya Aidelia Rahma Setia_2006015195_SK + Cover + Abstrak + Lembar Pengesahan.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Setiap manusia di dunia dilahirkan dengan kebutuhan dan kesanggupan dalam merasakan kasih sayang. Kasih sayang sebagai bentuk perasaan dapat diberikan oleh seseorang lalu diterima dengan individu lain. Dalam keluarga, Ibu memiliki peran sebagai sumber utama sebuah ketentraman, ketenangan dan kasih sayang. menunjukkan kasih sayang, bentuk dan cara yang diterapkan oleh Ibu berbeda-beda.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme, pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika model Roland Barthes karena metode ini dianggap cocok untuk mengetahui dan menjelaskan representasi kasih sayang Ibu terhadap anak dalam iklan sampo Lifebuoy versi akar kuat di bulan suci di YouTube. Pada penelitian ini peneliti melakukan pemaknaan tanda melalui dua tahap yaitu denotasi dan konotasi yang kemudia mengungkapkan mitos yang terbangun pada iklan tersebut.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa kasih sayang Ibu kepada anak dalam iklan sampo Lifebuoy versi akar kuat di bulan suci ditunjukkan melalui perhatian Ibu kepada anak, keberadaan Ibu yang selalu di samping anak, perasaan khawatir, memberi dukungan semangat, kehangatan dan kekuatan bagi anak, dan Ibu menjadi teman untuk anaknya. Adapun faktor-faktor yang membangun representasi kasih sayang Ibu terhadap anak yaitu latar belakang pendidikan yang berbeda, kehidupan sosial dan budaya yang berbeda pula. Mitos-mitos yang dibangun pada iklan tersebut adalah Ibu sebagai sumber kasih sayang, kedekatan Ibu dengan anak perempuan, Ibu sebagai sosok teladan bagi anak perempuan.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Novi Andayani Praptiningsih
Date Deposited: 05 Feb 2024 03:12
Last Modified: 05 Feb 2024 03:12
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/32386

Actions (login required)

View Item View Item