LAPORAN PKM PROGRAM PELATIHAN PEMBUATAN ROBOT LINE FOLLOWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU DALAM MENGIKUTI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

Ramza, Harry (2019) LAPORAN PKM PROGRAM PELATIHAN PEMBUATAN ROBOT LINE FOLLOWER SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN GURU DALAM MENGIKUTI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI. FTII - UHAMKA, Jakarta.

[thumbnail of Public Service Report]
Preview
Archive (Public Service Report)
PKM PROGRAM PELATIHAN PEMBUATAN ROBOT LINE.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: https://ft.uhamka.ac.id/dosen-teknik-elektro/

Abstract

Robot Line Follower adalah robot yang bergerak seirama dengan pembacaan garis secara otomatis dengan menggunakan sensor photodiode. Fungsi dari photodiode untuk pembacaan jalur / garis hitam sehingga robot bisa bergerak mengikuti garis yang kita lukiskan dengan warna hitam.selain sensor pada robot line follower ada perangkat tambahan yaitu mikrokontroller (pengendali utama) yang fungsinya untuk pengendalian gerak dalam bentuk program computer. Robot dan teknologi robotika melambangkan sebuah pemanfaatan praktis ilmu fisika, ilmu computer, ilmu rekayasa dan matematika. Ilmu robotika memberikan pendekatan yang sangat kuat dan fleksibel untuk membuktikan berbagai konsep teknik. Program pengabdian pada masyarakat kali ini diadakan di sekolah menengah kejuruan Muhammadiyah 02 Serpong, dimana disini mempunyai 3 bidang keahlian yaitu Otomasi, Jaringan dan Akutansi. Sekolah SMK Muhammadiyah 02 Serpong ini mengupayakan penyediaan beragam kegitan pembelajaran, salah satunya adalah kegiatan extrakurikuler, yang tujuannya adalah untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak didik. Selama ini kegiatan extrakurikuler di SMK Muhammadiyah 02 serpong ini mempunyai keterbatasan dalam hal teknologi robotika, terutama untuk siswa bidang otomasi dan jaringan, mereka harus dibekali gambaran kemajuan teknologi robot di industry. Pada kesempatan ini tim PengMas akan membantu memberikan pelatihan perakitan robot line follower. Kegiatan pelatihan robotika ini memberikan kesempatan kepada anak didik dan guru untuk lebih mengenal pemograman computer dasar dan lebih jauh dari itu peserta akan mempunyai keterampilan merakit robot dan bagaimana bisa menjalankannya digaris hitam sesuai dengan program robot. Luaran (Output) dari kegiatan ini adalah produk robot line follower hasil rancangan sedang luaran (Outcome) dari kegiatan ini adalah laporan berupa karya tulis yang akan dimuat di jurnal atau prosiding tahun 2019.

Item Type: Other
Subjects: A General Works
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Harry Ramza
Date Deposited: 31 Jan 2024 07:31
Last Modified: 31 Jan 2024 07:31
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/31005

Actions (login required)

View Item View Item