ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA SUKAPURA

Semara Lakhsmi, Bety (2013) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA SUKAPURA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

[thumbnail of Tesis S2 Bety MKM UMJ] Archive (Tesis S2 Bety MKM UMJ)
TESIS MKM UMJ BETY.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kualitas pelayanan rumah sakit adalah kebutuhan konsumen pada masa sekarang dan masa akan datang. Rumah sakit sebagai penyedia pelayanan akan berhadapan dengan bagaimana memberikan pelayanan yang dapat memuaskan pasien/konsumen. Semakin banyak rumah sakit untuk meningkatkan kualitas pelayanan sebagai wujud peningkatan menuju perbaikan yang terus-menerus mendapatkan sertifikasi ISO. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pasien serta faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSIJ Sukapura. Obyek penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas III dengan jumlah sampel 100. Data diperoleh berupa data primer yaitu menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner. Pengolahan data dengan menggunakan analisis univariat, regresi linier, dan regresi linier berganda.
Penelitian ini mengukur perbedaan (gap) antara persepsi pasien terhadap suatu kualitas pelayanan dengan harapan dari pelanggan itu sendiri. Nilai nol atau positip akan merefleksikan kualitas pelayanan yang ideal atau pelayanan yang tepat. Sedangkan jika skornya negatif akan mengindikasikan bahwa pelayanan yang diberikan tidak memenuhi harapannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dokter memiliki nilai signifikansi di bawah 0,05 yaitu p=0,003, kualitas pelayanan perawat tidak signifikan mempengaruhi kepuasan pasien dimana (p=0,108 > 0,05), kondisi ruang rawat inap memiliki nilai signifikansi di bawah 0,05 yaitu p=0,000, Umur dan pekerjaan responden mempunyai nilai signifikansi di bawah 0,05, kondisi ruang rawat inap (Beta = 0,525) lebih dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan dibandingkan dengan variabel kualitas pelayanan dokter (Beta=0,196) dan kualitas pelayanan perawat (Beta=0,081). Kata Kunci : Kepuasan pasien, kualitas pelayanan dokter, kualitas pelayanan perawat, kondisi ruang rawat inap.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Bety Semara Lakhsmi
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:51
Last Modified: 19 Jan 2024 06:51
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30673

Actions (login required)

View Item View Item