Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Kepercayaan dan Mutu E-Banking terhadap Minat Bertransaksi Secara Online pada Bank BJB Syariah KCP Cibinong

Safa Insani, Nabilla (2022) Pengaruh Pengetahuan Nasabah, Kepercayaan dan Mutu E-Banking terhadap Minat Bertransaksi Secara Online pada Bank BJB Syariah KCP Cibinong. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02EI-23039 Nabilla Safa Insani FEB_S1 EKONOMI ISLAM_1802055061_NABILLA SAFA INSANI -.pdf]
Preview
Text
S02EI-23039 Nabilla Safa Insani FEB_S1 EKONOMI ISLAM_1802055061_NABILLA SAFA INSANI -.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan sampel sebanyak 122 responden. Selain data primer, penelitian ini juga menggunakan data skunder yaitu data pendukung berupa informasi yang diperoleh melalui karyawan BJBS. Pengolahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan program software SPSS versi 26. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi linear berganda. Pada hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa tidak ditemukan adanya penyimpangan asumsiklasik. Demikian halnya untuk kesahan data, semua data ditemukan reliabel dan valid, hal ini menunjukan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk digunakan model regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil uji simultan menunjukan bahwa nilai probabilitas p-value 0.000 < 0.005 yang berarti bahwa variabel pengetahuan nasabah, kepercayaan dan mutu e-banking secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat bertransaksi secara online. Melalui hasil uji koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 0.657 atau 65.7% yang berarti bahwa variabel minat bertransaksi secara online dapat dijelaskan oleh variabel pengetahuan nasabah, kepercayaan dan mutu e-banking sebesar 65.7%, sedangkan sisanya 34.3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian ini. Dari hasil uji parsial diperoleh pengetahuan nasabah memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi secara online dengan nilai 3.433 > 1.980 dengan tingkat signifikan 0.001. kemudian variabel kepercayaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi secara online dengan nilai 3.604 > 1.980 dengan tingkat signifikansi 0.000. Selanjutnya variabel mutu e-banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat bertransaksi secara online 2.837 > 1980 dengan tingkat signifikan 0.005.
Hal ini menunjukan bahwa nasabah sedikit dalam kontribusi pengaruh variabel pengetahuan nasabah, kepercayaan dan mutu e-banking terhadap minat bertransaksi. Oleh sebab itu, disarankan kepada nasabah Bank BJB Syariah Cabang Cibinong untuk meningkatkan layanan penggunaan e-banking dimasa mendatang, untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi melalui e-banking.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:17
Last Modified: 19 Dec 2023 05:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30186

Actions (login required)

View Item View Item