Pengaruh Tabungan Wadiah, Piutang Murabahah dan Piutang Istishna terhadap Laba Bersih pada PT Bank Bukopin Syariah 2016-2022

Yubila, Yubila (2023) Pengaruh Tabungan Wadiah, Piutang Murabahah dan Piutang Istishna terhadap Laba Bersih pada PT Bank Bukopin Syariah 2016-2022. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02EI-23034 yubila rahmah FEB_EKONOMI ISLAM_1902055017_YUBILA.pdf]
Preview
Text
S02EI-23034 yubila rahmah FEB_EKONOMI ISLAM_1902055017_YUBILA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Tabungan Wadiah, Piutang Murabahah dan Piutang Istishna Terhadap Laba Bersih pada Bank Bukopin Syariah. Variabel independent yang digunakan tabunga wadiah, piutang murabahah dan piutang istishna, variabel dependen yaitu laba bersih. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah industri perbankan syariah, sedangkan metode penentuan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah motode purposive sampling dengan samplingnya yaitu Bank Bukopin Syariah dengan mengambil data dari Laporan Keuangan Bank Bukopin Syariah tahun 2016-Desember 2022 yang di peroleh dari situs Bank Bukopin Syariah. Adapun sampel pada penelitian ini sebanyak 84. Pada penelitian ini juga menggunakan teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial tabungan wadiah tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih, piutang murabahah berpengaruh negatif siginifikan terhadap laba dan piutang istishna tidak berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. Sedangkan secara simultan baik tabungan wadiah, piutang murabahah dan piutang istishna berpengaruh terhadap laba bersih. Dijelaskan juga nilai R-squared sebesar 0.202776. Dalam rangka menaikkan laba bersih bank syariah sebaiknya meningkatkan tabungan wadiah dan piutang istishna. Kemudian untuk meningkatkan laba bersih piutang murabahah dengan mengambil dana lain yang bersumber dari produk-produk bank dan juga sumber lain baik dari internal dan ekternal bank seperti pendapatan yang diperoleh bank untuk digunakan kembali dalam bentuk penyaluran pembiayaan piutang dan lainnya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:17
Last Modified: 19 Dec 2023 05:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30180

Actions (login required)

View Item View Item