Mengoptimalkan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA) Dengan Non Performing Financing (NPF) Sebagai Variabel Moderating pada Bank Syariah di Indonesia

Fahreza Rizky Wirayudha, Muhammad (2023) Mengoptimalkan Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA) Dengan Non Performing Financing (NPF) Sebagai Variabel Moderating pada Bank Syariah di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02EI-23030 Muhammad Fahreza FEB_EKONOMI ISLAM_1902055030_MUHAMMAD FAHREZA RIZKY W.pdf]
Preview
Text
S02EI-23030 Muhammad Fahreza FEB_EKONOMI ISLAM_1902055030_MUHAMMAD FAHREZA RIZKY W.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan Capital Adequacy Ratio dan Financing to Deposit Ratio terhadap Return On Assets dengan Non Performing Financing sebagai variabel Moderating. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder berdasarkan deret waktu time series sebanyak 72 sampel. Data yang digunakan merupakan data CAR, FDR, ROA dan NPF yang diambil dalam Laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah yang dapat dilihat di website OJK. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi linear berganda data time series dengan olah data menggunakan software EViews versi 10 dan Microsoft Excel 2019. Landasan hukum tentang Kinerja Keuangan terhadap Profitabilitas terdapat dalam Al-Quran surat Al-Baqarah : 16.
Berdasarkan uji parsial atau uji t sebelum di Moderasi, diperoleh CAR menghasilkan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan variabel CAR berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. FDR menghasilkan H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga disimpulkan variabel FDR tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Dan setelah di Moderasi, diperoleh CAR menghasilkan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan variabel CAR sesudah di moderasi tetap berpengaruh positif signifikan terhadap ROA. FDR menghasilkan H0 diterima dan Ha ditolak. Sehingga disimpulkan variabel FDR sesudah di moderasi tetap tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. NPF menghasilkan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan variabel NPF berpengaruh positif signifikan terhadap ROA.
Hasil perhitungan berdasarkan uji simultan menghasilkan H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwa variabel independen yaitu CAR dan FDR secara simultan atau Bersama-sama sebelum di moderasi berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu ROA. Dan setelah di Moderasi, menghasilkan H0 ditolak dan Ha diterima. Kontribusi penelitian ini diperoleh hasil bahwa pengoptimalan CAR dan FDR terahadap ROA di Moderasi NPF secara simultan tetap berpengaruh optimal. Sehingga, ROA akan memperlemah NPF (QS. Al- Baqarah : 282).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 16 Nov 2023 07:01
Last Modified: 16 Nov 2023 07:01
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30175

Actions (login required)

View Item View Item