Pengaruh Coorporate Social Respontibility, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang Terdaftar Dalam Indeks Lq-45 Tahun 2016-2019)

Zuhariyah, Zuhariyah (2022) Pengaruh Coorporate Social Respontibility, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang Terdaftar Dalam Indeks Lq-45 Tahun 2016-2019). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of S02A-23037 zuhariyah FEB_AKUNTANSI_1602015029_ZUHARIYAH -.pdf]
Preview
Text
S02A-23037 zuhariyah FEB_AKUNTANSI_1602015029_ZUHARIYAH -.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Coorporate Social Respontibility, Ukuran Perusahaan dan Profabilitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi.
Metode pengambilan sampel dengan metode purposive sampling (memilih sampel dengan pertimbangan tertentu). Sampel perusahaan terdiri dari 10 (sepuluh) perusahaan yang terdaftar pada Indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia untuk periode tahun 2016 sampai dengan tahun 2020. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Versi 26.0 yaitu menggunakan uji analisis akuntansi, analisis statistik, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Coorporate Social Responsibility (X1) memiliki nilai thitung 2,022 < t-tabel 1,67591 dengan nilai signifikansi 0,49 < 0,05 yang memiliki arti jika CSR berpengaruh signifikan terhadap niai perusahaan. Ukuran Perusahaan memiliki thitung (-2,901) > t-tabel 1,67591 dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 yang memiliki arti bahwa bahwa ukuran perusahaan secara signifikan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap niai perusahaan. Profabilitas memiliki thitung 1,844 < t-tabel 1,67591 dengan nilai signifikansi 0,072 > 0,05 yang memiliki arti bahwa bahwa profitabilitas secara positif tidak berpengaruh terhadap niai perusahaan. Secara simultan dalam penelitian ini diterima Coorporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Profabilitas secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai Adjusted R Square sebesar 53,0% dan sisanya 47,0% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.
Oleh sebab itu, disarankan kepada penelitian selanjutnya agar dapat menambah periode pengamatan, jumlah sampel dan menambah variabel lain yang belum diteliti, misalnya Economic Value Added, residual income, Beta, Book Value To Market Equity, DPR, ROE, ROI lainnya agar hasil penelitian generelisasinya lebih luas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 16 Nov 2023 01:53
Last Modified: 16 Nov 2023 01:54
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30133

Actions (login required)

View Item View Item