PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Ika Yatri, Ika Yatri (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[thumbnail of Disertasi Ika Yatri - Finish_OK.pdf]
Preview
Text
Disertasi Ika Yatri - Finish_OK.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) merupakan salah satu mata pelajaran yang
disajikan sejak tingkat sekolah dasar. Beberapa permasalahan pembelajaran muncul
pada pembelajaran IPS di sekolah dasar. Penggunaan media pembelajaran berbasis
teknologi masih jarang dikembangkan oleh guru. Tujuan penelitian adalah (1)
Mengembangkan media pembelajaran IPS berbasis TPACK berdasarkan kondisi,
permasalahan dan kebutuhan siswa. (2) Mengembangkan media pembelajaran IPS
berbasis TPACK dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa sekolah
dasar. (3) Menghasilkan media konseptual pembelajaran IPS berbasis TPACK
dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, (4)
Memperoleh data kelayakan media pembelajaran IPS berbasis TPACK dalam
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar, dan (5) Memperoleh
data uji keefektifan media pembelajaran IPS berbasis TPACK dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan Model
ADDIE. Tahapan pada model ADDIE yaitu: (1) Analisis (Analysis); (2)
Perancangan model (Design); (3) Pengembangan (Development); (4) Penerapan
(Implementation); dan (5) Evaluasi (Evaluation). Populasi dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV yang berjumlah 170 siswa terdiri dari 103 siswa di SD
Muhammadiyah 5 dan 67 siswa di SD Muhammadiyah 24. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar angket validasi ahli dan praktisi,
pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket kemampuan berpikir kritis,
dan tes. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample T-Test dan Uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran IPS cenderung
menekankan pada penguasaan materi pelajaran sehingga suasana belajar bersifat
monoton dan tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam
kegiatan pembelajaran; (2) Desain pengembangan media pembelajaran IPS
berbasis TPACK berisi materi, audio, permainan, latihan, animasi yang mampu
menarik perhatian siswa seperti terdapat warna-warna cerah; (3) Hasil validasi ahli
menunjukkan kategori sangat valid, sehingga dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran IPS berbasis TPACK dapat digunakan dalam pembelajaran; (4) Hasil
penerapan media pembelajaran IPS berbasis TPACK mampu meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa, siswa sangat tertarik dengan media pembelajaran
IPS berbasis TPACK dan berdasarkan hasil penilaian praktisi menunjukkan media
sangat praktis digunakan di dalam pembelajaran; (5) Uji hipotesis menunjukan
terdapat pengaruh, uji N-Gain menunjukan media efektif untuk meningkatakan
keterampilan berpikir kritis serta respon guru menunjukan sangat praktis dan respon
siswa media sangat menarik digunakan dalam pembelajaran. Manfaat media
pembelajaran IPS berbasis TPACK sangat baik untuk meningkatkan keterampilan
berpikir kriris siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kristis; Media Pembelajaran; Pembelajaran IPS;
TPACK

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Ika Yatri
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:17
Last Modified: 19 Dec 2023 05:17
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30108

Actions (login required)

View Item View Item