Perbedaan Perilaku Asertif Antara Siswa Kelas XI Jurusan AKL dengan OTKP SMK Negeri 22 Jakarta

Irsya, Raybah dan S, Chandra Dewi (2021) Perbedaan Perilaku Asertif Antara Siswa Kelas XI Jurusan AKL dengan OTKP SMK Negeri 22 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of RAYBAH IRSYA.pdf]
Preview
Text
RAYBAH IRSYA.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan fenomena yang terjadi pada siswa kelas XI bahwa mereka cenderung mengalami perilaku asertif negatif. Hal ini terjadi dikarenakan pada kematangan usianya siswa terlihat lebih banyak mengikuti kemauan teman-teman yang mengakibatkan tidak menjadi diri sendiri, takut berkomunikasi depan umum atau dengan orang lain karena takut dianggap buruk dan pada jenjang umurnya mereka lebih suka memendam perasaan disebabkan mereka takut merepotkan orang disekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Perilaku Asertif Antara Siswa Kelas XI Jurusan AKL dan OTKP SMKN 22 Jakarta.
Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. Populasi penelitian siswa kelas XI berjumlaH 108 Sampel penelitian berjumlah 85 terdiri dari siswa jurusan AKL sebanyak 57 dan siswa jurusan OTKP sebanyak 28. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random Sampling.
Peneliti melakukan uji validitas dengan menggunakan Pearson Product Moment sebanyak 34 item pernyataan valid. Sedangkan uji realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil rhitung = 0,818 > rtabel 0,284 maka instrumen tersebut reliabel. Hasil pengolahan data yang dilakukan pada uji normalitas terhadap dua jurusan AKL dan OTKP, pada kelompok OTKP berdistibusi normal sedangkan pada kelompok AKL berdistribusi tidak normal. Oleh karena itu, dikarenakan salah satu data tidak berdistribusi maka perlu menggunakan uji beda dengan Mann Whitney U. Uji homogenitas data dilakukan dengan perhitungan asumsi klasik Kolmogorov Smirnov diperoleh dengan nilai 0,622 > 0,05. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan U-Tes Mann Whitney melalui SPSS 25.0 diperoleh dengan Asymp. Sig. (2-tailed) 0,367 > nilai probabilitas 0,05 artinya dinyatakan bahwa Hk ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Tidak Terdapat Perbedaan Perilaku Asertif yang Signifikan Antara Siswa Kelas XI Jurusan AKL dan jurusan OTKP SMK Negeri 22 Jakarta.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:16
Last Modified: 19 Dec 2023 05:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30095

Actions (login required)

View Item View Item