Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Prokrastinasi Akademik

Kurniawan, Rahmat dan Nurmawati, Nurmawati (2021) Pengaruh Pola Asuh Demokratis Terhadap Prokrastinasi Akademik. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of Rahmat Kurniawan.pdf]
Preview
Text
Rahmat Kurniawan.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh siswa-siswa yang mengalami prokrastinasi akademik, siswa-siswa tersebut terlambat mengumpulkan tugas bahkan tidak mengerjakan tugas lalu orang tua yang tidak terlalu memberi perhatian dan kasih sayang kepada anak hingga anak melakukan prokrastinasi akademik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pola asuh demokratis terhadap prokrastinasi akademik Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas dengan pengambilan sampel sebanyak 138 dari 280 populasi, menggunakan teknik Simple Random Sampling dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 10%. Alat ukur yang digunakan yaitu skala pola asuh demokratis berdasarkan teori Baumrind dan skala prokrastinasi akademik berdasarkan teori Ferrari, Johnson, dan McCown. Dalam menganalisis data penelitian ini, dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS Versi 28.0 for Windows.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tingkat pola asuh demokratis siswa kelas VII SMPN 277 Jakarta 7,2 % dalam kategori rendah, 82,7% dalam kategori sedang, 10,1% dalam kategori tinggi. Sedangkan untuk skala prokrastinasi akademik siswa 3,7% dalam kategori rendah, 96,3% dalam kategori sedang, 0% dalam kategori tinggi, dengan jumlah subjek 138 siswa kelas VII SMPN 277 Jakarta. Analisis korelasi dengan menggunakan rumus product moment pearson menunjukkan pengaruh positif yang signifikan pola asuh demokratis terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas VII SMPN 277 Jakarta yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar =0,542 dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan N= 138.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:16
Last Modified: 19 Dec 2023 05:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30094

Actions (login required)

View Item View Item