Pengembangan Komik Edukasi: Komikadp untuk Mengurangi Kekerasan dalam Pacaran pada Siswa SMP Muhammadiyah Se-DKI Jakarta

Nurrachman, Nurul dan Yulia, Cici (2021) Pengembangan Komik Edukasi: Komikadp untuk Mengurangi Kekerasan dalam Pacaran pada Siswa SMP Muhammadiyah Se-DKI Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of Nurul Nurrachman.pdf]
Preview
Text
Nurul Nurrachman.pdf

Download (844kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena banyaknya kasus kekerasan dalam pacaran yang terjadi. Salah satu kelompok usia yang banyak mengalami kekerasan dalam pacaran adalah usia 12-15 tahun, yakni setara usia Sekolah Menengah Pertama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan komik edukasi Komikadp.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian, penelitian dan pengembangan (R&D) model 4D. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru BK SMP Muhammadiyah se-DKI Jakarta. Adapun uji ahli dalam penelitian ini oleh dosen Bimbingan dan Konseling UNTIRTA Bapak Arga Satrio Prabowo M.Pd. Uji lapangan oleh seluruh SMP Muhammadiyah Se-DKI Jakarta. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan lembar penilaian yang terdiri dari daftar ceklis untuk data kuantitatif dan uraian untuk data kualitatif secara hybrid.
Setelah melalui tahap define, design, develop diperoleh prototype komik edukasi Komikadp yang memperoleh penilaian uji ahli dan uji lapangan sangat layak dengan rincian uji ahli dengan dengan rata-rata nilai 88,70% dan uji lapangan dengan rata-rata nilai 81,79%. Komentar yang didapat dari uji ahli yaitu Komik sudah sangat baik, perlu pengembangan lebih lanjut dan cerita yang continue sehingga komik ini tidak berhenti sampai di sini. Komentar yang didapat dari uji lapangan media yang digunakan sesuai dengan karakter remaja, menarik, kreatif, cerita sederhana namun kaya akan makna, dan sangat related dengan remaja masa kini, hanya saja perlu ditambahkan sebab-akibat dan cara pengentasananya dengan melakukan konseling kepada guru BK.
Keputusan akhir yang diperoleh dari hasil uji ahli dan uji lapangan adalah berterima, tepat, dan layak sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan tahap selanjutnya tanpa perbaikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:16
Last Modified: 19 Dec 2023 05:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30088

Actions (login required)

View Item View Item