Pengaruh Harga Diri Terhadap Perilaku Asertif Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA Angkatan 2018

Nurmala, Nisrina dan Chandra Dewi S., M.Pd. Kons., Chandra Dewi S (2021) Pengaruh Harga Diri Terhadap Perilaku Asertif Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA Angkatan 2018. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of nisrina nurmala.pdf]
Preview
Text
nisrina nurmala.pdf

Download (762kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA Angkatan 2018 yang memiliki permasalahan yang dimana masih perlu meningkat harga diri dalam menunjukkan potensi dirinya melalui berbagai pengalaman yang dimiliki. Perilaku asertif di lingkungan mahasiswa pula beragam, masalah yang didapati di lapangan yaitu mahasiswa bimbingan dan konseling cenderung kurang asertif baik dalam proses perkuliahan dan juga dalam pergaulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh harga diri terhadap perilaku asertif Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA Angkatan 2018.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitaif asosiatif. Subyek penelitian Mahasiswa Bimbingan Konseling FKIP UHAMKA Angkatan 2018. Populasi penelitian sebanyak 165 mahasiswa. Sampel penelitian sebanyak 85 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Proportional Random Sampling dengan cara pengambilan sampel secara acak dan tidak memiliki kriteria khusus. Teknik pengambilan data menggunakan angket melalui google form.
Uji Prasyarat Analisis menggunakan Uji Normalitas dengan menggunakan IBM SPSS Versi 25 dengan taraf signifikansi a = 0,05 dan n = 85 adalah 0,187 maka berdistribusi Normal dan Regresi Linieritas dengan hasil data Linier. Uji hipotesis yang digunakan adalah korelasi product moment dengan hasil data diperoleh nilai sig, 0,000 < 0,05 yang artinya bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, dari perhitungan uji hipotesis dengan nilai pearson correlation 0,711 menunjukkan makna bahwa hubungan variabel X yaitu harga diri dan variabel Y yaitu perilaku asertif memiliki pengaruh yang kuat. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh harga diri terhadap perilaku asertif Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA Angkatan 2018.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:16
Last Modified: 19 Dec 2023 05:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30083

Actions (login required)

View Item View Item