Pengaruh Efikasi Diri terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Jakarta Timur pada Masa Pembelajaran Daring

Melda, Melda dan Nuraini, Nuraini (2021) Pengaruh Efikasi Diri terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Jakarta Timur pada Masa Pembelajaran Daring. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of Melda.pdf]
Preview
Text
Melda.pdf

Download (921kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena pada perubahan sistem proses pembelajaran saat ini yang dilakukan secara daring dimana menimbulkan ketidaksiapan siswa dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan adanya pengaruh efikasi diri terhadap penyesuaian diri siswa kelas X SMK Negeri 10 Jakarta Timur pada tahun ajaran 2021-2022.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Populasi sebanyak 252 siswa. Sampel penelitian 155 orang, melalui teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling.
Berdasarkan analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan hasil analisis menunjukkan nilai R Square = 0,790, hasil regresi thitung = 23,989 > ttabel = 1,975 dan nilai sig. uji t = 0,000 < α = 0,05. Dari hasil ini menunjukkan bahwa efikasi diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penyesuaian diri. Dengan itu maka hipotesis diterima, dimana sebesar 79% efikasi diri mempengaruhi penyesuaian diri siswa kelas X pada masa pembelajaran daring. Hal ini berarti bahwa pada masa pembelajaran daring peningkatan dan penurunan efikasi diri akan mempengaruhi penyesuaian diri siswa kelas X SMK Negeri 10 Jakarta Timur, jadi semakin tinggi efikasi diri siswa pada masa pembelajaran daring maka semakin baik penyesuaian diri siswa sebaliknya samakin rendah efikasi diri siswa maka semakin menurun penyesuaian diri siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:16
Last Modified: 19 Dec 2023 05:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30079

Actions (login required)

View Item View Item