Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Kematangan Karir Santri Kelas 12 MA IPS Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat

Azzahra, Luthfiya dan Nurmawati, Nurmawati (2021) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Kematangan Karir Santri Kelas 12 MA IPS Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of Luthfiya Azzahra.pdf]
Preview
Text
Luthfiya Azzahra.pdf

Download (461kB) | Preview

Abstract

Kematangan karir seseorang dipengaruhi oleh beberapa hal seperti status sosial ekonomi orangtua yang memiliki pendidikan yang baik, penghasilan yang mencukupi, dan pekerjaan yang menjanjikan. Penelitian bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang kematangan karir santri yang dipengaruhi oleh status sosial orangtua. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi santi kelas 12 MA IPS berjumlah 157 santri dan diketahui sampel penelitian ini menggunakan rumus slovin berjumlah 113 santri. Teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan Probabily Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Pada uji vailiditas instrumen menggunakan rumus Product Moment Correlation dibantu IBM SPSS 25.0, hasil perhitungan instrumen diketahui terdapat 13 pernyataan yang tidak valid dari 45 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orangtua terhadap kematangan karir santri kelas 12 MA IPS Husnul Khotimah, dibuktikan dengan instrument yang diberikan bahwa santri kelas 12 MA Husnul Khotimah sudah memiliki rencana yang cukup matang untuk karir selanjutnya disebabkan oleh kondisi orangtua yang memadai pendidikan santri kelas 12 MA Husnul Khotimah baik secara formal dan informal, lalu dibuktikan pula dengan hasil uji hipotesis Sig 0,013 yang dimana lebih kecil dari 0,050. nilai Sig. < 0,05 maka H1 diterima yang berarti teruji kebenarannya, dapat dilihat kebenarannya dari hasil instrumen yang dimana status sosial ekonomi orangtua santri kelas 12 MA mendapatkan hasil cukup tinggi sebanyak 60 dibuktikan dengan instrumen yang menyatakan bahwa orangtua lebih banyak mengeluarkan biaya untuk pendidikan anak dan untuk kematangan karir santri memiliki hasil cukup tinggi sebanyak 40 santri dibuktikan dengan instumen yang menyatakan kalau santri sudah menentukan pilihan karir. Santri kelas 12 MA IPS Husnul Khotimah memiliki kematangan karir yang cukup tinggi karena terdapat pengaruh dari status sosial ekonomi orangtua.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:16
Last Modified: 19 Dec 2023 05:16
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30077

Actions (login required)

View Item View Item