Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Self Efficacy Siswa Kelas X SMA Negeri 93 Jakarta

Sahbani, Lutfhiana Nur dan Nuraini, Nuraini (2021) Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Self Efficacy Siswa Kelas X SMA Negeri 93 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of Luthfia Syahbani.pdf]
Preview
Text
Luthfia Syahbani.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya kepercayaan diri dan keyakinan terhadap kemampuan yang dimiliki siswa menimbulkan kurangnya perkembangan potensi yang ada pada dirinya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dukungan sosial terhadap self efficacy siswa kelas X di SMA Negeri 93 Jakarta pada tahun ajaran 2021-2022. Pendekatan dalam penelitian yaitu kuantitatif dengan metode penelitian asosiatif. Populasi sebanyak 244 siswa dengan jumlah sampel penelitian 71 orang melalui teknik simple random sampling.
Berdasarkan analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan hasil analisis menunjukkan diperoleh nilai Rsquare = 0,204, dan nilai sig. uji f = 0,000 < 0,05. dari hasil ini menunjukkan bahwa dukungan sosial memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap self efficacy. Dengan itu maka hipotesis diterima, dimana sebesar 20,4% dukungan sosial mempengaruhi self efficacy siswa kelas X. hal ini menunjukkan bahwa peningkatan maupun penurunan dukungan sosial pada siswa kelas X SMA Negeri 93 Jakarta akan mempengaruhi self efficacy siswa

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: libfkip libfkip libfkip
Date Deposited: 19 Dec 2023 05:15
Last Modified: 19 Dec 2023 05:15
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30076

Actions (login required)

View Item View Item