Dampak Intellectual Capital Terhadap Firms Market Value Pada Perusahaan Industri Pertambangan Di Indonesia

Fitria, Rema Rismaya (2023) Dampak Intellectual Capital Terhadap Firms Market Value Pada Perusahaan Industri Pertambangan Di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of FEB_MNJ_1902025165_Rema Rismaya Fitria.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1902025165_Rema Rismaya Fitria.pdf

Download (864kB) | Preview

Abstract

Intellectual Capital (IC) merupakan hal yang perlu untuk dikaji mengingat peran besarnya sebagai kekuatan pendorong dan sumber daya penting dalam penciptaan nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis Firms Market Value dengan variabel prediktor dari komponen IC meliputi Human Capital Efficiency (HCE), Structural Capital Efficiency (SCE) dan Capital Employed Efficiency (CEE). Pengujian hipotesis menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan pertambangan tahun 2017-2021. Digunakan sebanyak 80 sampel dari 16 perusahaan yang telah melalui observasi dan memenuhi kriteria. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi dan regresi linear berganda sebagai alat analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel HCE dan CEE berpengaruh positif signifikan terhadap Firms Market Value perusahaan pertambangan tahun 2017-2021. SCE menjadi satu-satunya variabel yang positif namun tidak berpengaruh terhadap variabel dependen. Selanjutnya, secara simultan, Intellectual Capital secara bersama-sama mempengaruhi Firms Market Value dengan signifikan. Variabel Firms Market Value sebesar 13.90% dipengaruhi oleh variabel bebas HCE, SCE dan CEE. Pengelolaan yang baik terkait komponen IC dari aset yang dimiliki sangat diperlukan agar dapat menghasilkan nilai tambah (value added) bagi perusahaan yang memicu peningkatan produktivitas, profit sekaligus Firms Market Value perusahaan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 10 Nov 2023 01:50
Last Modified: 10 Nov 2023 01:50
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/30050

Actions (login required)

View Item View Item