Konstruksi Konsep Diri Pengguna Akun Ganda Penggemar K-Pop di Media Sosial (Analisis Isi Kualitatif Pada Akun Instagram @nana_noona9 dan @nadiaamalianj)

Aini, Qurota (2021) Konstruksi Konsep Diri Pengguna Akun Ganda Penggemar K-Pop di Media Sosial (Analisis Isi Kualitatif Pada Akun Instagram @nana_noona9 dan @nadiaamalianj). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA.

[thumbnail of FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1706015314_ QUROTA AINI.pdf]
Preview
Text
FISIP_ILMU KOMUNIKASI_ 1706015314_ QUROTA AINI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Budaya Korea berkembang pesat dan meluas secara global. Keberadaannya cenderung diterima publik dari berbagai kalangan, termasuk di Indonesia. Pengaruh K-Pop terasa dalam kehidupan sehari-hari generasi milenial. Perkembangan media sosial salah satunya Instagram, bisa menjadikan seseorang membuat akun serta mengakses informasi dan melakukan komunikasi terhadap kegemaran atas budaya K-Pop. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana konstruksi konsep diri pengguna akun ganda penggemar K-Pop di Instagram.
Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme serta teori interaksionime simbolik George Herbert Mead, Charles Horton Cooley, dan Herbert Blumer. Paradigma dan teori interaksionisme simbolik digunakan untuk mengetahui konsep diri manusia, konstruksi konsep diri dalam akun ganda penggemar K-Pop, dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi konstruksi tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode analisis isi kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data didapatkan dari dokumentasi, observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis data. Adapun teknik analisis datanya menggunakan analisis isi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @nana_noona9 awalnya hanya akun pribadi yang digunakan untuk iseng, tetapi karena banyak orang yang suka dengan unggahan yang ditampilkan akun tersebut maka akun tersebut digunakan sebagai akun fanbase edit. Sedangkan pada akun @nadiaamalianj tidak memperlihatkan adanya unggahan tentang K-Pop sama sekali bahkan di akun tersebut tidak memiliki unggahan sama sekali dan akun tersebut di private (kunci). Faktor yang melatarbelakangi konsep diri tersebut didasari atas pribadi pengguna. Yang berawal ingin menggunakan akun ganda karena dengan akun tersebut pengguna dapat bebas mengunggah hal yang disukainya tetapi pengguna juga tidak ingin mengganggu orang lain terkait dengan unggahannya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JF Political institutions (General)
Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial & Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: lib libuhamka upt
Date Deposited: 20 Oct 2023 03:47
Last Modified: 20 Oct 2023 03:47
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29632

Actions (login required)

View Item View Item