Pengaruh Good Corporate Governance Dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan Di Indonesia

Fitria, Siska (2023) Pengaruh Good Corporate Governance Dan Leverage Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Perbankan Di Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of FEB_MNJ_1802025182_Siska Fitria.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1802025182_Siska Fitria.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh kepemilikan institusional, ukuran dewan direksi, dan leverage terhadap kinerja keuangan pada perusahaan perbankan di Indonesia. Variabel yang diteliti adalah kepemilikan saham (X1), ukuran dewan direksi (X2), dan leverage (X3), dengan variabel terikatnya kinerja keuangan (ROA)
sebagai variabel Y. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan yang dikumpulkan dari situs website resmi setiap bank umum yang dimaksud dalam penelitian. Hasil penelitian yang dihitung menggunakan program SPSS 26 menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan perbankan di Indonesia.
Ukuran Dewan Direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan perbankan di Indonesia. Begitupun dengan leverage secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan
perbankan di Indonesia. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa secara simultan Kepemilikan Institusional, Ukuran Dewan Direksi, dan Leverage berpengaruh
signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan perbankan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:20
Last Modified: 20 Oct 2023 02:20
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29621

Actions (login required)

View Item View Item