Pengaruh Job Description Dan Job Specification Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia

Balfas, Faradiba (2023) Pengaruh Job Description Dan Job Specification Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of FEB_MNJ_1802025146_Faradiba Balfas.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1802025146_Faradiba Balfas.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Job Description dan Job Specification terhadap Kinerja Pegawai. Variabel yang diteliti adalah “job description, job specification, dan kinerja pegawai” sebagai objek perubah dan “Sekretariat Jenderal DPR RI” sebagai objek pengamatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah proportionate stratified random sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama dengan mengambil sampel dari tiap kelompok populasi yang jumlah nya disesuaikan dengan jumlah anggota dari tiap bagian tersebut karena populasi yang heterogen dan berstrata. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), wawancara, dan observasi. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS Versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Job Description berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai, Job Specification berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kinerja Pegawai, dan secara simultan, Job Description dan Job Specification berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pegawai.
Hasil wawancara, penulis menyimpulkan bahwa peristiwa yang terjadi ialah ketidaksesuaian perintah atasan dengan tugas dan fungsi yang dimiliki pegawai pada jabatan nya. Hal tersebut terjadi karena dua kondisi, yakni pegawai tidak memiliki kompetensi pada jabatan nya, atau penempatan pegawai yang kurang tepat yang mana pada kegiatan unit tertentu kompetensi yang dimiliki pegawai tidak dibutuhkan pada kegiatan pekerjaan unit kerja.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:29
Last Modified: 19 Oct 2023 04:29
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29607

Actions (login required)

View Item View Item