Pengaruh Brand Image dan Design Product terhadap Kepuasan Konsumen Sepatu Nike (Studi Kasus Outlet Nike Lippo Mall Karawaci)

Permatasari, Della (2021) Pengaruh Brand Image dan Design Product terhadap Kepuasan Konsumen Sepatu Nike (Studi Kasus Outlet Nike Lippo Mall Karawaci). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka.

[thumbnail of FEB_MNJ_1302017011_Della Permatasari.pdf]
Preview
Text
FEB_MNJ_1302017011_Della Permatasari.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persaingan yang terus berkembang membuat perusahaan harus berusaha menempatkan produk sepatu di benak konsumen. Brand sepatu populer seperti Nike yang mengalami kenaikan penjualan setiap tahunnya karena memiliki manajemen pemasaran dari berbagai aspek penting seperti brand image,design product, promosi, harga, dan sebagainya. Pada hal ini Nike memiliki kelebihan pangsa pasar yang sangat kuat sebesar 30% menurut Aprisindo (2018). Tidak hanya di dukung oleh pangsa pasar, Nike di dukung oleh berbagai inovasi yang selalu dikembangkan dengan berbagai varian produk. Citra terhadap suatu merek pun berhubungan dengan sikap yang berupa keyakinan konsumen untuk membeli dan merasakan puas terhadap produk yang dibeli.
Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Nike di Outlet Lippo Mall Karawaci selama bulan Oktober-November 2020 sebanyak 134 orang. Teknik pemilihan sampel menggunakan slovin diperoleh berjumlah 100 orang responden. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan menggunakan skala likert. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, analisis koefisien korelasi parsial, analisis koefisien korelasi berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan variabel citra merek dan design produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara parsial variabel citra merek memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil penilitian ini berdasarkan dari indikator bahwa sepatu Nike membuat saya menjadi trendy. Secara parsial variabel design produk memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen. Hal tersebut menunjukkan berdasarkan indikator bahwa sepatu Nike memiliki desain yang menunjang fungsi produk.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 03 Oct 2023 04:24
Last Modified: 10 Oct 2023 02:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29499

Actions (login required)

View Item View Item