Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Tercatat di BEI)

Andriani, Desita Nurjuwita (2022) Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Tercatat di BEI). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015195_Desita Nurjuwita Andriani.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015195_Desita Nurjuwita Andriani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Keputusan Investasi dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan.
Variabel yang diteliti adalah ”ukuran perusahaan, profitabilitas, keputusan investasi, kebijakan dividen dan nilai perusahaan” sebagai objek peubah dan ”perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman” sebagai objek pengamatan. Data sekunder dikumpulkan Di Pusat Referensi Pasar Modal yang terdapat di Bursa Efek Indonesia dan dilengkapi dengan sumber data pustaka lainnya.
Hasil penelitian ukuran perusahaan, profitabilitas, keputusan investasi dan kebijakan dividen dihitung dan dianalisis dengan bantuan program E-Views versi 9.0, menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif, profitabilitas dan keputusan investasi berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sedangkan kebijakan dividen tidak memiliki hubungan dengan nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia di tahun 2017 – 2021. Selain itu profitabilitas dengan nilai perusahaan memiliki hubungan yang dominan, hal tersebut dikarenakan profitabilitas yang tinggi menunjukkan daya guna perusahaan dalam menghasilkan laba sebagai ukuran efektivitas manajemen perusahaan, sehingga investor tertarik untuk menanamkan dana pada perusahaan. Profitabilitas yang tinggi dan stabil memberikan sinyal positif bagi investor dalam hal kinerja perusahaan dan berpengaruh terhadap peningkatan nilai perusahaan.
Oleh sebab itu, disarankan kepada para calon investor yang ingin menginvestasikan dana yang dimilikinya pada satu atau lebih perusahaan, ada baiknya jika menganalisa terlebih dahulu hubungan antara objek pengamatan dengan objek peubah, antara objek peubah dengan objek peubah serta antara objek pengamatan dengan objek pegamatan sebelum mengambil keputusan berinvestasi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 28 Sep 2023 04:02
Last Modified: 28 Sep 2023 04:02
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29470

Actions (login required)

View Item View Item