Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Opini Audit, dan Pergantian Auditor terhadap Audit Delay pada Perusahaan Agriculture yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2021

Kedaton, Lubna Nabila Sekar (2022) Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas, Opini Audit, dan Pergantian Auditor terhadap Audit Delay pada Perusahaan Agriculture yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015171_Lubna Nabila Sekar Kedaton.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015171_Lubna Nabila Sekar Kedaton.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, solvabilitas, opini audit dan pergantian auditor terhadap audit delay pada perusahaan agriculture yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2021.
Penelitian ini menggunakan kuantitatif, dengan teknik yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 6 (enam) perusahaan sampel dengan tahun pengamatan dari 2016 sampai dengan 2021. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laopran keuangan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Eviews versi 10.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, solvabilitas dan opini audit berpengaruh sedangkan pergantian auditor tidak berpengaruh terhadap audit delay. Nilai Adjusted R-squared sebesar 0,343079 yang berarti bahwa variasi perubahan naik turunnya audit delay dapat dijelaskan oleh likuiditas, solvabilitas, opini audit dan pergantian auditor adalah sebesar 34%. Sedangkan sisanya sebesar 66% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi ini.
Oleh sebab itu, disarankan agar menambah kembali variabel independent lainnya agar mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik dan maksimal serta peneliti selanjutnya perlu mempertimbang kan untuk menggunakan objek penelitian seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia agar sampel menjadi semakin luas dan dapat memberikan gambaran yang lebih menyeluruh.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 28 Sep 2023 03:40
Last Modified: 28 Sep 2023 03:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29465

Actions (login required)

View Item View Item