Pengaruh Financial Distress, Audit Effort, Komite Audit, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021

Yusuf, Abriel Syahputra (2022) Pengaruh Financial Distress, Audit Effort, Komite Audit, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015146_Abriel Syahputra Yusuf.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015146_Abriel Syahputra Yusuf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh financial distress, audit effort, komite audit, profitabilitas, dan solvabilitas terhadap audit delay pada perusahaan sektor konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015-2021.
Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Variabel yang diteliti adalah variabel bebas yaitu financial distress, audit effort, komite audit, profitabilitas, dan solvabilitas tahun sebelumnya sedangkan variabel terikat adalah audit delay. Populasi penelitian adalah perusahaan sektor konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 6 (enam) perusahaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan telaah dokumen, yaitu dengan melakukan pengumpulan data dengan menelaah laporan keuangan perusahaan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi klasik dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas dengan menggunakan SPSS Versi 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa financial distress, komite audit, dan profitabilitas tidak memiliki pengaruh terhadap audit delay, sedangkan audit effort dan solvabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap audit delay. Kontribusi penelitian ini pada variabel financial distres, komite audit, dan profitabilitas yang menunjukkan hasil tidak berpengaruh. Maka hal tersebut, auditor tidak begitu terganggu ketika melakukan pekerjaannya, karena variabel tersebut tidak menjadi acuan ketika sebuah perusahaan telat dalam mempublish laporan keuangan serta menyebabkan terjadinya audit delay.
Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan jenis perusahaan yang berbeda, lalu variabel selain yang diteliti dalam penelitian ini dan menambah tahun pengamatan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 28 Sep 2023 03:23
Last Modified: 28 Sep 2023 03:23
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29458

Actions (login required)

View Item View Item