Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor

Hartini, Aisyah (2022) Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015121_Aisyah Hartini.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015121_Aisyah Hartini.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.
Populasi dalam penelitian ini wajib pajak kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Jakarta Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Responden yang diteliti sebanyak 139 wajib pajak dengan menggunakan metode Purposive Sampling dengan kriteria berdasarkan Jenis Kelamin, Usia, Tingkat Pendidikan, Pekerjaan dan Penghasilan per Bulan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Statistik Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Statistik f, Uji Statistik t dan Uji Koefisien Determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengetahuan Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Kesadaran Wajib Pajak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Sanksi Perpajakan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Sedangkan secara bersamaan Pengetahuan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Perpajakan dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,714 atau 71,4% sedangkan sisanya 28,6% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan objek penelitian yang terbatas yaitu wajib pajak kendaraan bermotor di Kantor SAMSAT Jakarta Selatan sehingga hasil penelitian ini tidak dapat digeneralisasikan. Oleh karena itu, bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan objek penelitian yang lebih luas agar mendapatkan hasil studi yang lebih optimal. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya memperkaya variabel bebas yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak agar mendapatkan hasil studi yang lebih optimal. Bagi peneliti selanjutnya sebaiknya menggunakan metode penelitian yang berbeda dalam melakukan analisis agar dapat diperoleh pemahaman yang lebih baik dan hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 28 Sep 2023 02:52
Last Modified: 28 Sep 2023 02:52
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29448

Actions (login required)

View Item View Item