Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2021

Alfitriyani, Silvi (2022) Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015220_Silvi Alfitriyani.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015220_Silvi Alfitriyani.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage,
likuiditas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan
property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2021.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Variabel yang
diteliti adalah variabel bebas yaitu profitabilitas, leverage, likuiditas, ukuran
perusahaan sedangkan variabel terikat adalah nilai perusahaan. Populasi dalam
penelitian ini adalah perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia (BEI), adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah
metode purposive sampling dengan terpilih sebanyak 8 (delapan) perusahaan.
Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan telaah dokumen, yaitu
pengumpulan data dilakukan dengan menelaah laporan keuangan perusahaan.
Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan
analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi
25.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan :
Y= 2.004 + 0.108X1 + 0.931X2 + 0.030X3 - 0.072X4
Hasil pengujian menunjukkan bahwa profitabilitas secara parsial berpengaruh
positif terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.050.
Leverage secara parsial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dengan
nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0.050. Likuiditas secara parsial tidak
berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0.352 >
0.050. Ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikansi sebesar 0.124 > 0.050. Sedangkan
kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian
ini dapat dilihat pada nilai Adjusted R Square sebesar 0.473 artinya 47.3 %. Hal
ini berarti dapat diartikan bahwa variabel bebas dalam penelitian ini mampu
menjelaskan variabel terikat sebesar 47.3% dan sisanya sebesar 52.7% dijelaskan
oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti kebijakan dividen,
struktur modal, komite audit, dewan direksi, dan pertumbuhan penjualan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memiliki beberapa saran kepada
perusahaan. 1. Dapat meningkatkan kinerja penjualan dalam memperoleh laba
bersih dengan cara meningkatkan penjualan dan mengefisienkan pendapatan
sehingga akan mempengaruhi kenaikan nilai perusahaan. 2. Leverage perlu
dikelola secara baik, karena hutang yang terlalu besar akan mempengaruhi nilai
perusahaan dengan mengoptimalkan keseimbangan risiko dan return sehingga
memaksimumkan harga saham. 3. Perusahaan perlu memperhatikan kas,
mendisiplinkan pembayaran, dan manajemen perusahaan memastikan seluruh data
keuangan terpantau optimal. 4. Perusahaan harus menjaga dan meningkatkan
kinerja perusahaan agar memperoleh kepercayaan investor sehingga dapat
meningkatkan nilai perusahaan.
Penelitian selanjutnya diharapkan agar dapat menambah tahun penelitian dan
menggunakan variabel lain seperti kebijakan hutang, pertumbuhan perusahaan
dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:08
Last Modified: 26 Sep 2023 07:08
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29383

Actions (login required)

View Item View Item