Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Tanjung Jakarta Barat

Prasetyo, Gilar Aji (2019) Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler di SMK Tanjung Jakarta Barat. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of SPS_MAP_1709037046_GILAR AJI PRASETYO.pdf]
Preview
Text
SPS_MAP_1709037046_GILAR AJI PRASETYO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler Meningkatkan Mutu Sekolah di SMK Tanjung Jakarta Barat dengan menggunakan CIPP (Contex, Input, Process, dan Product). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah evaluasi kualitatif, evaluasi ditujukan berdasarkan pada evaluasi program yang berorientasi pada implementasi program yang dirancang.
Dalam penelitian ini analisis evaluasi program menggunakan model CIPP (Contex, Input, Process, dan Product). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan kepada wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, coordinator kegaiatan ekstrakurikuler dan siswa. Fokus penelitian pada Evaluasi Kegiatan Ekstrakurikuler Meningkatkan Mutu Sekolah di SMK Tanjung
Jakarta Barat dengan menggunakan CIPP (Contex, Input, Process, dan Product). Setelah pengumpulan data selesai selanjutnya diolah dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Aspek konteks, secara keseluruhan dikategorikan baik, karena dari ketiga indikator yang diteliti, indikator (hakikat kegunaan kegiatan ekstrakulikuler, peraturan-peraturan pemerintah, dan kebutuhan masyarakat) dikategorikan sangat baik. Berlangsungnya kegiatan ekstrakulikuler terhadap lingkungan sekitar baik dari internal sekolah yakni siswa maupun
masyarakat sekitar telah dikatakan sangat baik, 2) Aspek input, secara keseluruhan dapat dikategorikan baik, karena dari lima indikator yang diukur, satu indikator (kondisi siswa) dikategorikan sangat baik, tiga indikator (kompetensi guru pembina, materi pembelajaran, dan penunjang kegiatan ekstrakulikuler) dikategorikan baik, dan satu indikator dikategorikan kurang, 3) Aspek proses, secara keseluruhan dapat dikategorikan baik, karena dari tiga indikator yang diteliti, satu (keaktifan siswa) berkategori sangat baik, dan dua (pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran) berkategori baik maka secara keseluruhan dikategorikan baik, dan 4) Aspek produk, secara keseluruhan dapat dikategorikan sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan data dokumentasi prestasi lomba yang telah diikuti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Kegiatan Ekstrakurikuler, CIPP
Subjects: A General Works
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: libsps libsps libsps
Date Deposited: 26 Sep 2023 08:03
Last Modified: 26 Sep 2023 08:03
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29380

Actions (login required)

View Item View Item