Pengaruh Komisaris Independen, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Corporate Social Responsibility terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-202

Luthfiyah, Shafa Nur (2022) Pengaruh Komisaris Independen, Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Corporate Social Responsibility terhadap Penghindaran Pajak pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-202. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015188_Shafa Nur Luthfiyah.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015188_Shafa Nur Luthfiyah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komisaris independen, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, corporate social responsibility terhadap penghindaran pajak pada sektor manufaktur konsumsi makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 – 2020.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, yang dimaksud dengan cara meneliti data dokumen serta mencatat dan menulis yang ada hubungannya dengan obyek penelitian. Dengan sampel perusahaan yang digunakan sebanyak 9 (sembilan) perusahaan manufaktur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengelolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan ujihipotesis dengan menggunakan SPSS versi 25.
Secara parsial hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa komisaris independen dan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap penghindaran pajak yang berarti H1 dan H4 diterima. Sedangkan secara parsial hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa leverage, profitabilitas, dan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap penghindaran pajak yang berarti H2, H3, dan H5 ditolak.
Secara simultan H6 dalam penelitian ini diterima yang artinya komisaris independen, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, corporate social responsibility terhadap penghindaran pajak dengan nilai Adjisted R Square sebesar 17,3% dan sebesar 82,7% dijelaskan oleh variabel lainnya yang tidak masuk ke dalam penelitian ini, seperti kepemilikan institusional, pertumbuhan penjualan, komite audit, kualitas audit, intensitas modal, strategi bisnis, dan lain-lain.
Perseroan diharapkan meningkatkan informasi tentang GCG, berfokus untuk bertindak secara moral, menanamkan nilai, norma dan etika dalam perusahaan, dan tanggung jawab semua institusi di lingkungan perusahaan. perusahaan terpenuhi dan menjalankan perannya masing-masing, sehingga tercipta budaya perusahaan yang memperhatikan semua pihak. Selain itu, orang yang tepat perlu dipilih untuk melakukan peran ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:21
Last Modified: 26 Sep 2023 06:21
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29373

Actions (login required)

View Item View Item