Pengaruh Faktor Good Corporate Governance dan Reputasi Kap terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2020)

Irawati, Eka (2022) Pengaruh Faktor Good Corporate Governance dan Reputasi Kap terhadap Integritas Laporan Keuangan (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2020). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015162_Eka Irawati.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015162_Eka Irawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, komisaris independen dan reputasi KAP terhadap integritas laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder, Metode analisis data yang digunakan adalah Statistik Deskriptif, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kepemilikan institusional berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan dengan nilai signifikan 0,028, kepemilikan manajerial berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan dengan nilai signifikan 0,031, komite audit berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan dengan nilai signifikan 0,037, komisaris independen tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan dengan nilai signifikan 0,241, reputasi KAP tidak berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan dengan nilai signifikan 0,382. Sedangkan secara simultan variabel kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, komite audit, komisaris independen dan reputasi KAP secara bersama-sama berpengaruh terhadap integritas laporan keuangan.
Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,241 atau 24,10% sedangkan sisanya 75,90% dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel penelitian ini. Kontribusi penelitian ini membantu manajemen dalam meningkatkan integritas laporan keuangan di industri manufaktur sub sektor food and beverage dan sejenisnya. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini maka peneliti memberikan masukan di era pandemi dan semoga dapat bermanfaat bagi kelangsungan perusahaan dalam meningkatkan integritas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:34
Last Modified: 26 Sep 2023 04:34
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29362

Actions (login required)

View Item View Item