Pengaruh Arus Kas, Likuiditas, dan Kebijakan Hutang terhadap Kebijakan Pembagian Dividen pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021

Muhibah, Nazlah Rifdah (2022) Pengaruh Arus Kas, Likuiditas, dan Kebijakan Hutang terhadap Kebijakan Pembagian Dividen pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015143_Nazlah Rifdah Muhibah.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015143_Nazlah Rifdah Muhibah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh arus kas operasi, arus kas bebas, likuiditas dan kebijakan hutang terhadap kebijakan pembagian dividen. Populasi penelitian ini sebanyak 68 perusahaan yang terdaftar di BEI pada index LQ 45. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sehingga diperoleh 19 perusahaan dengan 5 (lima) tahun pengamatan. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi logistik dengan menggunakan Eviews versi 10.
Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan arus kas operasi memperoleh nilai chi-square prob sebesar 0.0207 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel arus kas operasi berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pembagian dividen. Arus kas bebas memperoleh nilai chi-square prob sebesar 0.8241 > 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel arus kas bebas tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pembagian dividen. Likuiditas dengan proksi current ratio memperoleh nilai chi-square prob sebesar 0.0082 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel likuiditas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pembagian dividen. Kebijakan hutang dengan proksi debt to equity ratio memperoleh nilai chi-square prob sebesar 0.3575 > 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kebijakan hutang tidak berpengaruh signifikan terhadap kebijakan pembagian dividen.
Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan nilai LR statistic sebesar 0.006893 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel arus kas operasi, arus kas bebas, likuiditas, dan kebijakan hutang secara bersama-sama berpengaruh terhadap kebijakan pembagian dividen dan dengan nilai McFadden R-square sebesar 0.221 yang berarti 22.1 persen variasi arus kas operasi, arus kas bebas, likuiditas, dan kebijakan hutang dapat menjelaskan kebijakan pembagian dividen. Sedangkan 77.9 persen lainnya dijelaskan oleh variabel independen di luar penelitian ini. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain yang telah disebutkan, menambah tahun pengamatan dan menggunakan sampel perusahaan yang berbeda.
Bagi peneliti selanjutnya dapat menambah variabel independen lain yang dapat mempengaruhi kebijakan dividen perusahaan, seperti profitabilitas, laba perusahaan, asset growth, kepemilikikan manajerial, dan kepemilihan institusional. Hal ini dilakukan agar dapat menghasilkan penelitian yang lebih baik mengenai variabel yang berpengaruh terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 26 Sep 2023 04:23
Last Modified: 26 Sep 2023 04:27
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29359

Actions (login required)

View Item View Item