Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Time Budget Presure, dan Locus Of Control terhadap Kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik di Daerah Jakarta, Bekasi dan Depok.

Anersha, Sheylla Dwi (2022) Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Time Budget Presure, dan Locus Of Control terhadap Kinerja Auditor pada Kantor Akuntan Publik di Daerah Jakarta, Bekasi dan Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015113_Sheylla Dwi Anersha.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015113_Sheylla Dwi Anersha.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, time budget pressure, locus of control terhadap kinerja auditor pada Kantor Akuntan Publik di daerah Jakarta, Bekasi dan Depok.
Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah auditor yang bekerja di KAP yang beroperasi di Jakarta, Bekasi dan Depok dengan pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan didapatkan sampel sebanyak 115 sampel dari total 9 Kantor Akuntan Publik Jakarta Bekasi dan Depok. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara melakukan penyebaran kuesioner dan diolah menggunakan analisis statistik, analisis linear berganda menggunakan SPSS versi 26.
Hasil dari penelitian ini pada analisis linear berganda adalah secara parsial kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, time budget pressure berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor, sedangkan kecerdasan intelektual dan locus of control tidak berpengaruh signifikan terhadap kinjera auditor. Secara simultan, kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, time budget pressure dan locus of control berpengaruh signifikan terhadap kinerja auditor. Hasil dari penelitian ini pada analisis akuntansi menujukkan bahwa secara parsial seluruh variabel X berpengaruh terhadap kinerja auditor dan secara simultan, seluruh variabel X berpengaruh terhadap kinerja auditor.
Berdasarkan hasil penelitian, maka para auditor harus dapat mengatasi dan melewati tantangan serta rintangan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas diri, seperti contoh adalah tekanan anggaran waktu yang biasa dilakukan oleh para klien, harus dapat meningkatkan locus of control agar selalu termotivasi menjadi lebih baik demi mencapai kinerja yang semakin baik.
Dan Untuk peneliti berikutnya, disarankan agar menyebar kuesioner lebih luas lagi kepada auditor eksternal Kantor Akuntan Publik di berbagai wilayah. Karena penelitian ini terbatas pada KAP yang berada di wilayah Jakarta, Bekasi dan Depok, menambahkan variabel-variabel yang dapat mempengaruhi kinerja auditor seperti pemahaman good governance, fee audit, pengalaman auditor, dan lain sebagainya, dan selain menggunakan kuesioner, juga menggunakan metode wawancara agar mendapatkan data lebih rinci, karena pada penelitian ini, tidak memungkinkan menggunakan metode wawancara yang disebabkan masih terhalang oleh pandemi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:32
Last Modified: 26 Sep 2023 03:32
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29344

Actions (login required)

View Item View Item