Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Financial Statement Fraud Dalam Perspektif Fraud Pentagon Studi pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di BEI Periode

Sakinah, Nadhira Putri (2022) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Financial Statement Fraud Dalam Perspektif Fraud Pentagon Studi pada Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Bangunan yang Terdaftar di BEI Periode. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015112_Nadhira putri.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015112_Nadhira putri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teori fraud pentagon memiliki pengaruh terhadap financial statement fraud pada perusahaan sub-sektor konstruksi bangunan yang terdaftar di BEI
Variabel yang diteliti adalah “fraud pentagon theory (Target Keuangan, Stabilitas Keuangan, Tekanan eksternal, Ketidakefektifan Pengawasan, Pergantian Auditor, Pergantian Direksi, Jumlah Gambar CEO) dan Financial Statement Fraud” dan “Perusahaan sub-sektor konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia “sebagai objek penelitian. Data sekunder dikumpulkan dari website resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.com) dan website resmi perusahaan sampel.
Hasil penelitian menunjukkan bukti bahwa setelah financial statement fraud dan fraud pentagon theory dengan proksi (target keuangan, stabilitas keuangan, tekanan eksternal, ketidkefektifan pengawasan, pergantian auditor, pergantian direksi, jumlah gambar ceo) dihitung dan dianalisis dengan bantuan program software IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa yang memiliki pengaruh terhadap financial statement fraud hanya variabel stabilitas keuangan dan jumlah gambar CEO, sedangkan variabel target keuangan, tekanan eksternal, ketidakefektifan pengawasan, pergantian auditor dan pergantian direksi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap financial statement fraud pasa perusahaan sub-sektor konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Dari kedua faktor yang berpengaruh terhadap financial statement fraud, menunjukkan bahwa semakin tinggi ketidakstabilan kondisi keuangan perusahaan dan semakin banyak jumlah frekuensi gambar CEO pada laporan tahunan, maka semakin besar potensi terjadinya financial statement fraud pada perusahaan sub-sektor konstruksi bangunan yang terdaftar di BEI periode 2016-2020.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 26 Sep 2023 03:25
Last Modified: 26 Sep 2023 03:25
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29341

Actions (login required)

View Item View Item