Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Suku Bunga, dan Non Performing Loan terhadap Penyaluran Kredit UMKM pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020

Hidayah, Rahma Nur (2022) Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Suku Bunga, dan Non Performing Loan terhadap Penyaluran Kredit UMKM pada Bank Umum yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

[thumbnail of FEB_AKT_1802015019_Rahma Nur Hidayah.pdf]
Preview
Text
FEB_AKT_1802015019_Rahma Nur Hidayah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Tingkat Suku Bunga, Dan Non Performing Loan Terhadap Penyaluran Kredit UMKM Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan metode eksplanasi dengan variabel yang diteliti Dana Pihak Ketiga, Tingkat Suku Bunga, Non Performing Loan, sebagai variabel independen dan Penyaluran Kredit UMKM sebagai variabel dependen. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 17 sampel perusahaan bank umum berdasarkan hasil Purposive Sampling. Teknik pengolahan yang digunakan adalah analisis akuntansi, analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan sofware IBM SPSS Statistic 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Dana Pihak Ketiga, Tingkat Suku Bunga, Non Performing Loan berpengaruh secara signifikan terhadap penyaluran kredit UMKM. Hasil uji statistik F menunjukkan bahwa secara simultan variabel Dana Pihak Ketiga, Tingkat Suku Bunga, Non Performing Loan berpengaruh siginifikan terhadap penyaluran kredit UMKM dengan signifikan sebesar 0,000 < α (0,05). Kemampuan variabel bebas dalam menjelaskan variabel terikat dalam penelitian ini dapat dilihat dari nilai Adjusted R Square sebesar 0,961 hal ini berarti Dana Pihak Ketiga, Tingkat Suku Bunga, Non Performing Loan menjelaskan 96,1% variabel penyaluran kredit UMKM sedangkan sisanya 3,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi seperti CAR, LDR, NIM, ROA, dan BOPO.
Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan variabel independen lainnya seperti CAR, LDR, NIM, ROA dan BOPO. Selain itu dapat memperluas populasi, menggunakan sampel perusahaan yang lebih banyak, dan rentang waktu pengamatan sehingga memungkinkan hasilnya lebih baik dari penelitian ini dan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: libfeb libfeb libfeb
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:40
Last Modified: 25 Sep 2023 08:40
URI: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/29295

Actions (login required)

View Item View Item